Results 1 to 3 of 3

Thread: Cara Menurunkan Kadar Kolesterol1402 days old

  1. #1
    kpufk's Avatar
    [ds2] Gold Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Jan 2013
    Age
    35
    Posts
    77
    Gender

    Thanks
    0
    Thanked 2 Times in 2 Posts

    Achievements:
    Three Friends3 months registered500 Experience Points

    Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

    Kolesterol adalah salah satu lemak tubuh yang sangat penting untuk aktivitas membran sel, membuat hormon, vitamin dan asam empedu. Kolesterol juga membantu dalam transmisi impuls saraf.

    Tingkat kolesterol dalam darah tergantung pada apa yang Anda makan dan bagaimana tubuh membuat kolesterol di dalam hati. Memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah bukanlah penyakit, tetapi dapat menyebabkan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah dalam sistem kardiovaskuler.

    Ada dua macam kolesterol: yang buruk disebut Low Density Lipoprotein (LDL) dan yang baik disebut High Density Lipoprotein (HDL). LDL dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung dan penyakit kardiovaskuler lainnya. HDL menghilangkan kelebihan LDL dalam darah Anda dan membawanya ke hati untuk pembuangan.

    Kadar Kolesterol untuk usia di atas 19 tahun
    Total kolesterol:
    Normal: di bawah 200 mg/dl
    Tinggi: di atas 239 mg/dl

    Kadar LDL:
    Tinggi: di atas 160
    Ambang batas: 130 - 160

    Kadar HDL:
    Normal: 35 - 59 mg/dl
    Rendah: di bawah 35 mg/dl

    Kolesterol baik atau HDL berfungsi membantu tubuh mencegah terjadinya penyakit pembuluh darah. Kadar HDL Anda sebaiknya paling sedikit sebesar 25% dari total kolesterol. Bila kolesterol Anda, misalnya 220, maka HDL seharusnya 55 atau lebih.

    Kolesterol jahat atau LDL yang tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyebab penyakit pembuluh darah dan gangguan jantung. Semakin tinggi kadar LDL dan total kolesterol Anda, semakin meningkat pula risiko tersebut.

    Berikut adalah makanan yg dapat menurunkan kadar kolesterol:
    1. Kacang-kacangan. Kenari, almond dan kacang-kacangan lainnya dapat mengurangi kolesterol darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa memakan beberapa kenari setiap hari dapat menurunkan kolesterol Anda sebanyak 27 persen. Menurut lembaga pengawasan obat dan makanan AS (FDA), memakan sekitar segenggam (42,5 gram) kacang almond, hazelnut, kacang tanah, pecan, kacang pinus, kacang pistachio dan walnut, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan lemak Omega-3 dan antioksidan pada kacang-kacangan bekerja untuk merehabilitasi kerusakan arteri yang disebabkan oleh lemak jenuh.

    2. Teh hijau. Penelitian di Jepang menemukan bahwa theanine pada teh hijau bermanfaat meningkatkan kolesterol baik dan mencegah pembentukan kolesterol jahat. Anda harus meminum minimal empat cangkir teh hijau bebas gula setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

    3. Tomat. Meminum dua gelas jus tomat sehari menurunkan kolesterol jahat dari tubuh Anda secara signifikan.

    4. Buah Anggur. Buah anggur merah meningkatkan kolesterol baik. Dianjurkan untuk minum dua gelas jus anggur setiap hari.

    5. Blueberry. Blueberry mengandung sejumlah besar zat yang melawan kolesterol jahat. Senyawa dalam blueberry (pterostilbene) dapat membantu menurunkan kolesterol seefektif obat komersial dengan efek samping yang lebih sedikit.

    6. Plum. Seperti blueberry, plum memiliki sejumlah besar materi yang menurunkan kolesterol.

    7. Produk kedelai. Produk kedelai seperti susu kedelai, tahu dan tempe tidak hanya mengurangi kolesterol Anda, tetapi juga kaya protein.

    8. Bawang putih. Bawang putih memiliki efek positif pada kolesterol jahat Anda sembari menjaga kolesterol baik. Banyak uji klinis telah melihat peran dan manfaat bawang putih pada penyakit jantung, terutama dengan menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida. American Dietetic Association menyarankan agar mendapatkan manfaat kesehatan bawang putih, kita harus mengonsumsi 600 – 900 mg (sekitar 1 siung segar) per hari.

    9. Minyak zaitun. Minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol jahat dari tubuh Anda. Para peneliti di Universidad Autonoma de Madrid (Spanyol) menemukan bahwa diet yang diperkaya minyak zaitun membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

    10. Minyak Kelapa. Penelitian Dr. Mary Enig MS dari Nutritional Sciences dan penelitian lainnya menyebut bahwa minyak kelapa alami (non-hidrogenasi) meningkatkan kolesterol baik (HDL).

    11. Alpukat. Lemak tak jenuh pada alpukat adalah jenis yang menyehatkan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda.

    12. Flaxseed oil. Minyak biji rami dapat menurunkan tekanan darah pada laki-laki dengan kolesterol tinggi. Dalam studi tiga bulan terhadap 59 pria paruh baya, mereka yang mengonsumsi suplemen minyak biji rami setiap hari mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan.

    13. Ikan dan minyak ikan. Sebuah studi dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi dosis tinggi minyak ikan selama sembilan minggu menurunkan konsentrasi kolesterol dalam tubuh mereka.

    14. Buah delima. Sebuah studi oleh National Academy of Sciences (AS) menunjukkan bahwa jus buah delima mengurangi penumpukan plak kolesterol dan meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi plak arteri.

    15. Yogurt dengan probiotik. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus reuteri benar-benar membantu menurunkan kolesterol. Mereka bekerja dengan mencegah reabsorpsi kolesterol kembali ke aliran darah.


    Mati karena usus buntu doang??? Banyak bos!!

  2. #2
    kurniaramli's Avatar
    [ds2] Platinum Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    kota kembang
    Age
    39
    Posts
    138
    Gender

    Thanks
    2
    Thanked 31 Times in 13 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

    @bro casanova: mending dicek sekali2 bro, kl usia >35 taunan, per 1 taun sekali lah general check up minimal kita tau dimana dan apa yang tinggi dan berbahaya. nah kalo dah tau kelemahan kita, mulai dari sekarang di kurangi (bukan di stop). yahhh,,... mengurangi resiko jangka panjang.
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  3. #3
    MaxiZ's Avatar
    [ds2] Titanium Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    166
    Gender

    Thanks
    22
    Thanked 108 Times in 10 Posts

    Achievements:
    Three FriendsOverdrive1000 Experience PointsVeteran

    Re: Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

    mudah2an normal..uda setahun ga ngecek sih...mudah2an masi di batas normal
    If U Like It I Will Give You More

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •