Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12
  1. #1
    Dogminer2's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Masih Di Bumi
    Posts
    3,064
    Gender

    Thanks
    537
    Thanked 975 Times in 103 Posts

    Achievements:
    Three FriendsYour first GroupTagger First ClassCreated Album picturesRecommendation Second Class

    Exclamation [SAFETY] Sedikit Info Tentang Cara Belok Membelok ...

    Dear Bro dan Sis,

    Berhati-hati dan tertib di jalan akan memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kesadaran masing-masing pengemudi baik itu mobil dan motor terhadap aturan-aturan yang tidak tertulis, berkaitan dengan tata krama di jalan juga dapat berpengaruh terhadap tingkat terjadinya kecelakaan. Yang menjadi masalah adalah tidak semua orang mempunyai kesadaran, pola berpikir, tata krama yang sama di jalan.

    Artikel ini di buat untuk mencoba menyampaikan aturan tidak tertulis tadi yang semoga dapat diingat selalu saat kita berkendara baik dengan motor maupun mobil di jalan.

    BELOK - 1
    Sering terjadi saat mobil (C) akan berbelok ke kiri, tiba-tiba muncul sepeda motor (A) dari sisi kiri atau sisi dalam belokan. Beruntung apabila mobil (C) melihat ada sepeda motor tersebut di sisi kirinya, jika tidak, maka motor (A) akan terjepit oleh mobil tersebut.

    Mengapa bisa terjadi kecelakaan?
    Pengemudi mobil (C) yang akan berbelok ke kiri, pertama-tama akan berkonsentrasi melihat ke arah kanan (1) melihat adanya mobil lain dari arah kanan (E), kemudian dia akan melihat mobil dari arah kiri (2) (D) untuk mulai berbelok ke kiri.
    Saat seperti itu umumnya pengemudi mobil tidak terpikir untuk melihat sisi kiri mobil apakah aman atau tidak.
    Sekalipun melihat spion, umumnya posisi sepeda motor yang menyelip masuk tidak terlihat karena masuk dalam sudut BLIND SPOT (sudut tidak terlihat oleh kaca spion).

    Pengendara motor (B) posisinya benar, dia berjalan di belakang mobil yang sedang berbelok, sehingga aman. Pengendara motor (B) pun harus melihat kondisi lalin dari arah kanan, dan mengatur jarak dengan mobil di depannya saat berbelok.

    Berhati-hati dan tertib di jalan akan memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kesadaran masing-masing pengemudi baik itu mobil dan motor terhadap aturan-aturan yang tidak tertulis, berkaitan dengan tata krama di jalan juga dapat berpengaruh terhadap tingkat terjadinya kecelakaan. Yang menjadi masalah adalah tidak semua orang mempunyai kesadaran, pola berpikir, tata krama yang sama di jalan.

    Artikel ini di buat untuk mencoba menyampaikan aturan tidak tertulis tadi yang semoga dapat diingat selalu saat kita berkendara baik dengan motor maupun mobil di jalan.

    BELOK - 1
    Sering terjadi saat mobil (C) akan berbelok ke kiri, tiba-tiba muncul sepeda motor (A) dari sisi kiri atau sisi dalam belokan. Beruntung apabila mobil (C) melihat ada sepeda motor tersebut di sisi kirinya, jika tidak, maka motor (A) akan terjepit oleh mobil tersebut.

    Mengapa bisa terjadi kecelakaan?
    Pengemudi mobil (C) yang akan berbelok ke kiri, pertama-tama akan berkonsentrasi melihat ke arah kanan (1) melihat adanya mobil lain dari arah kanan (E), kemudian dia akan melihat mobil dari arah kiri (2) (D) untuk mulai berbelok ke kiri.
    Saat seperti itu umumnya pengemudi mobil tidak terpikir untuk melihat sisi kiri mobil apakah aman atau tidak.
    Sekalipun melihat spion, umumnya posisi sepeda motor yang menyelip masuk tidak terlihat karena masuk dalam sudut BLIND SPOT (sudut tidak terlihat oleh kaca spion).

    Pengendara motor (B) posisinya benar, dia berjalan di belakang mobil yang sedang berbelok, sehingga aman. Pengendara motor (B) pun harus melihat kondisi lalin dari arah kanan, dan mengatur jarak dengan mobil di depannya saat berbelok.


    BELOK - 2
    Sering terjadi juga, saat mobil akan masuk jalur di seberangnya pada suatu pertigaan, sepeda motor yang ikut berbelok dengan arah yang sama mengambil ruang gerak belok mobil. Hal ini sangat berbahaya apabila si pengendara mobil tidak melihat dan menginjak rem saat sepeda motor itu memotong jalur beloknya.


    Sebaiknya, pengendara motor menunggu mobil tersebut berbelok pada ruang geraknya dan tidak memotorngnya.

    BELOK - 3
    Pada jalan yang tidak terlalu ramai, sering terjadi motor atau mobil berbelok dengan mengambil jalur arah berlawanan saat memasuki pertigaan atau tikungan.

    Untuk itu mobil atau motor yang akan memasuki tikungan atau pertigaan, sempatkan untuk membunyikan klakson atau menyalakan beam (jika malam) agar pengendara lain tau akan ada mobil / motor yang keluar tikungan, sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan.


    Sebaiknya tetaplah berjalan di jalur masing-masing. Bayangkan ada garis pembatas jalur (imajiner) yang tidak boleh kita langgar saat berbelok, juga perlu berhenti, sebelum berbelok apabila ada kendaraan lain dari arah berlawanan yang akan lurus (C), sehingga aman.


    BELOK - 4

    Kecelakaan antar sesama sepeda motor sering terjadi saat memasuki suatu tikungan. Ketika salah satu pengendara motor menyusul memasuki tikungan dan mengambil jalur belok sepeda motor di belakangnya, sehingga apabila pengendara yang dibelakang tidak sigap, akan terjadi kecelakaan.

    Sebaiknya tetaplah berbelok di jalurnya, bayangkan garis belokan yang akan kita lalui maupun yang akan dilalui oleh pengendara di dekat kita, sehingga kita tidak mengambil atau menyerobot jalur beloknya.


    Semoga Bermanfaat Buat Kita Semua

    dogminer
    "Blessed are those That can Give without Remembering and Receive without Forgetting"
    "Mereka yang dapat Memberi tanpa Mengingat, dan Menerima tanpa Melupakan akan Diberkati"

  2. The Following 5 Users Say Thank You to Dogminer2 For This Useful Post:

    @_42 (31-01-2013),Arek (02-02-2013),co_casanova (01-02-2013),Dear Gombes (31-01-2013),[BEJO] (30-01-2013)

  3. #2
    @_42's Avatar
    [ds2] Platinum Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    75
    Gender

    Thanks
    2
    Thanked 19 Times in 13 Posts

    Achievements:
    500 Experience Points3 months registered

    Re: [SAFETY] Sedikit Info Tentang Cara Belok Membelok ...

    Thanks bro infonya,
    tp kendalanya jalan gk selalu mulus
    walau sudah mengikuti tips diatas masih aja banyak yg celaka krn lubang...
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  4. #3
    Dogminer2's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Masih Di Bumi
    Posts
    3,064
    Gender

    Thanks
    537
    Thanked 975 Times in 103 Posts

    Achievements:
    Three FriendsYour first GroupTagger First ClassCreated Album picturesRecommendation Second Class

    Re: [SAFETY] Sedikit Info Tentang Cara Belok Membelok ...

    Quote Originally Posted by @_42 View Post
    Thanks bro infonya,
    tp kendalanya jalan gk selalu mulus
    walau sudah mengikuti tips diatas masih aja banyak yg celaka krn lubang...
    Betul Bro ... semua tergantung sikon lapangan ... tapi yg paling penting kan kewaspadaan dan kehati hatian kita
    "Blessed are those That can Give without Remembering and Receive without Forgetting"
    "Mereka yang dapat Memberi tanpa Mengingat, dan Menerima tanpa Melupakan akan Diberkati"

  5. #4
    Cboy's Avatar
    [ds2] Gold Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Feb 2013
    Location
    Indo-Buaya
    Posts
    109
    Gender

    Thanks
    0
    Thanked 5 Times in 2 Posts

    Achievements:
    Three Friends1 year registered1000 Experience Points

    Re: [SAFETY] Sedikit Info Tentang Cara Belok Membelok ...

    Maaf ya om saya tambahkan sedikit yang diluar materinya,

    Peduli berkendara adalah peduli terhadap nyawa kita sendiri. tak ada salahnya memberi jalan pengendara lain di banding harus berusaha mendahului. kita mampu untuk lebih cepat tapi waktu tidak peduli akan keselamatan kita. kita bisa menghindar karena kita yakin reflek kita bagus, tapi tidak semua tupai selalu berhasil melompat.

    dan yang terpenting kesadaran diri kita sendiri, seandainya kecepatan kita tidak kencang sadarlah sebaiknya kita tidak berada di tengah jalan. dan ketika kita harus terburu buru bukan berarti semua pemakai jalan tidak ada yang buru buru. jangan pernah menganggap semua pemakai jalan piawai mengendarai kendaraannya. berhenti saat belokan, tak ada salahnya kita melihat keadaan. terkadang kita merasa kita bisa lebi cepat, tetapi jika ada yg lebih cepat dan tidak tahu kita berbelok yang terjadi hanyalah tengkar dan korban.
    sebagai pengendara roda 2 yang keberadaannya semakin banyak dan banyak..sadarlah kalau kita cenderung menjadi korban saat kecelakaan, menyalip dari sisi mobil,angkutan umum,bis,dan truck jelas mereka lebih besar dari motor. kalau terjadi kecelakaan, bila tidak sampai ada korban, pengendara lain jadi korban cemo oh atau emosi, kalau sampai ada korban? Siapa korbannya? apa bisa melantangkan emosi? apa bisa gebukin pengendara lain?

    "sadar,sabar,dan siaga"

    "be save your drive and save your life" all
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  6. #5
    Dogminer2's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Masih Di Bumi
    Posts
    3,064
    Gender

    Thanks
    537
    Thanked 975 Times in 103 Posts

    Achievements:
    Three FriendsYour first GroupTagger First ClassCreated Album picturesRecommendation Second Class

    Re: [SAFETY] Sedikit Info Tentang Cara Belok Membelok ...

    Quote Originally Posted by co_casanova View Post
    Cuma nambahin dikit Bro

    Kecelakaan kadang sebabnya banyak yg bening2 berseliweran di Jalan
    Paling aman ya pake kacamata Kuda

    Biar kalo ada paha tetap konsen nyetirnya
    Kacamata Kuda + Kacamata Profesor biar lebih jelas



    Quote Originally Posted by Cboy View Post
    Maaf ya om saya tambahkan sedikit yang diluar materinya,

    "sadar,sabar,dan siaga"

    "be save your drive and save your life" all
    Terima kasih bray tuk tambahannya ... maap ane singkat biar hemat quote
    "Blessed are those That can Give without Remembering and Receive without Forgetting"
    "Mereka yang dapat Memberi tanpa Mengingat, dan Menerima tanpa Melupakan akan Diberkati"

  7. #6
    Arek's Avatar
    [ds2] Mate of Honor

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Nomad
    Posts
    2,235
    Gender

    Thanks
    536
    Thanked 199 Times in 52 Posts

    Achievements:
    Three FriendsVeteran10000 Experience Points

    Re: [SAFETY] Sedikit Info Tentang Cara Belok Membelok ...

    Thanks bro, nambah pengetahuan neh, tapi kalo liat ente make onthel kok wus wus gitu
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  8. #7
    aloe vera's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    2,869
    Gender

    Thanks
    222
    Thanked 225 Times in 13 Posts

    Achievements:
    Three FriendsCreated Album picturesOverdriveRecommendation Second Class3 months registered

    Re: [SAFETY] Sedikit Info Tentang Cara Belok Membelok ...

    makasih abang

    sudah share neh,jadi menambah pengetahuan tentang cara belok yang baik

    secara kalau AV maen serudukan seh kalau pas mengendarai kendaraan.

    apalagi kalau dijalan pas lihat brondong..wew jd gk konsen deh bawa kendaraannya
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  9. #8
    Dogminer2's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Masih Di Bumi
    Posts
    3,064
    Gender

    Thanks
    537
    Thanked 975 Times in 103 Posts

    Achievements:
    Three FriendsYour first GroupTagger First ClassCreated Album picturesRecommendation Second Class

    Re: [SAFETY] Sedikit Info Tentang Cara Belok Membelok ...

    Quote Originally Posted by Arek View Post
    Thanks bro, nambah pengetahuan neh, tapi kalo liat ente make onthel kok wus wus gitu
    Welcome Bro ... sip sip sip ... nah ini kan motonya ninja "SEMAKIN KENCANG, SEMAKIN DEKAT DENGAN TUHAN"



    Quote Originally Posted by aloe vera View Post
    makasih abang

    sudah share neh,jadi menambah pengetahuan tentang cara belok yang baik

    secara kalau AV maen serudukan seh kalau pas mengendarai kendaraan.

    apalagi kalau dijalan pas lihat brondong..wew jd gk konsen deh bawa kendaraannya
    hadeh ternyata si adek suka maen srudukan ... gak bagus ... mestine alon2 asal kelakon
    ntar abng minta para brongdong jgn berdiri2 di pinggir jalan kalau AV mau lewat ... karena berbahaya buat keselamatan AV ... sebagai gantinya minta yg gondrong2 saja yg berdiri di pinggir jalan

    sama sama Adek AV ...
    "Blessed are those That can Give without Remembering and Receive without Forgetting"
    "Mereka yang dapat Memberi tanpa Mengingat, dan Menerima tanpa Melupakan akan Diberkati"

  10. #9
    fastturner's Avatar
    [ds2] Gold Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    42

    Thanks
    1
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Achievements:
    Recommendation Second Class1 year registered1000 Experience Points

    Re: [SAFETY] Sedikit Info Tentang Cara Belok Membelok ...

    bagus nih artikel beginian boss, kalo ada coba di upload terus, berguna bagi kita semua

    salam safety,

    have fun & keep mupeng
    "Love, Sex, Caring & Fun"
    There is no faith without hope,
    There is no power without love,
    There is no peace without freedom,
    There is nobody without anyone,
    There is one God within.
    .....

  11. #10
    [ds2]Shooter's Avatar
    [ds2] Mate of Honor

    Status
    Offline
    Join Date
    Mar 2013
    Posts
    649
    Gender

    Thanks
    103
    Thanked 320 Times in 45 Posts

    Achievements:
    Tagger Second ClassThree Friends5000 Experience PointsVeteran

    Re: [SAFETY] Sedikit Info Tentang Cara Belok Membelok ...

    Quote Originally Posted by @_42 View Post
    Thanks bro infonya,
    tp kendalanya jalan gk selalu mulus
    walau sudah mengikuti tips diatas masih aja banyak yg celaka krn lubang...
    Selama lubangnya nikmat, hajar aja bro. Biar ga celaka, jangan lupa pake kondom
    hai

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •