Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 13

Thread: Legenda ratu pantai utara pekalongan1404 days old

  1. #1
    sakti's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Antara Surga dan Neraka
    Posts
    434
    Gender

    Thanks
    94
    Thanked 117 Times in 48 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience Points1 year registered

    Lightbulb Legenda ratu pantai utara pekalongan

    Dewi Lanjar sampai sekarang masih merupakan legenda yang hidup didalam masyarakat dan masih
    berpengaruh dalam jiwa masyarakat terutama di Pekalongan. Dalam segala peristiwa sering kali
    dihubungkan dengan Dewi Lanjar, apabila ada anak yang sedang bermain-main di pantai hilang tentu mereka berpendapat bahwa si anak itu dibawa Dewi Lanjar. Dan bilamana dapat diketemukan kembali
    tentulah si anak menyatakan dirinya tersesat disuatu daerah atau suatu kraton yang penghuni-
    penghuninya juga seperti kita-kita ini. Mereka mempunyai kegiatan membatik, berdagang, menukang, nelayan dan lain-lain yang tidak ubahnya seperti didalam kota saja. Daerah tersebut dikuasai oleh seorang Putri yang cantik ialah Dewi Lanjar.

    Diceritakan pada jaman dahulu di suatu tempat Kota Pekalongan hiduplah seorang putri yang sangat cantik jelita, sampai sekarang masih menjadi pembicaraan penduduk, tempat yang terkenal dengan nama Dewi Rara Kuning. Adapun tempat tinggalnya tiada dapat diketahui secara pasti.

    Dalam menempuh gelombang hidupnya Dewi Rara Kuning mengalami penderitaan yang sangat berat, sebab dalam usia yang sangat muda ia sudah menjadi janda. Suaminya meninggal dunia setelah beberapa waktu melangsungkan pernikahannya. Maka dari itulah Dewi Rara Kuning kemudian terkenal dengan sebutan Dewi Lanjar. ( Lanjar sebutan bagi seorang perempuan yang bercerai dari suaminya dalam usia yang masih muda dan belum mempunyai anak ). Sejak ditinggal suaminya itu Dewi Lanjar hidupnya sangat merana dan selalu memikirkan suaminya saja.

    Hal yang demikian itu berjalan beberapa waktu lamanya, tetapi lama kelamaan Dewi Lanjar sempat berpikir kembali bahwa kalau dibiarkan demikian terus akan tidak baik akibatnya. Maka dari itulah ia kemudian memutuskan untuk pergi meninggalkan kampung halamannya, merantau sambil menangis hatinya yang sedang dirundung malang.

    Tersebutlah, perjalanan Dewi Lanjar sampai disebuah sungai yaitu sungai Opak. Ditempat ini kemudian bertemu dengan Raja Mataram bersama Mahapatih Singaranu yang sedang bertapa ngapung diatas air di sungai itu. Dalam pertemuan itu Dewi Lanjar mengutarakan isi hatinya serta pula mengatakan tidak bersedia untuk menikah lagi. Panembahan Senopati dan Mahapatih Singoranu demi mendengar tuturnya tergaru dan merasa kasihan. Oleh karena itu dinasehatinya agar bertapa di Pantai Selatan serta pula menghadap kepada Ratu Kidul.

    Setelah beberapa saat lamanya, mereka berpisahan serta melanjutkan perjalanan masing-masing, Panembahan dan Senopati beserta patihnya melanjutkan bertapa menyusuri sungai Opak sedangkan Dewi Lanjar pergi kearah Pantai Selatan untuk menghadap Ratu Kidul.

    Dikisahkan bahwa Dewi Lanjar sesampainya di Pantai Selatan mencari tempat yang baik untuk bertapa. Karena ketekunan dan keyakinan akan nasehat dari Raja Mataram itu akhirnya Dewi Lanjar dapat moksa ( hilang ) dan dapat bertemu dengan Ratu Kidul. Dalam pertemuan itu Dewi Lanjar memohon untuk dapat menjadi anak buahnya, dan Ratu Kidul tiada keberatan.

    Pada suatu hari Dewi Lanjar bersama jin-jin diperintahkan untuk mengganggu dan mencegah Raden Bahu yang sedang membuka hutan Gambiren ( kini letaknya disekitar jembatan anim Pekalongan dan desa Sorogenen tempat Raden Bahu membuat api ) tetapi karena kesaktian Raden Bahu, yang diperoleh dari bertapa Ngalong ( seperti Kalong /Kelelawar ), semua godaan Dewi Lanjar dan jin - jin dapat dikalahkan bahkan tunduk kepada Raden Bahu. Karena Dewi Lanjar tiada berhasil menunaikan tugas maka ia memutuskan tidak kembali ke Pantai Selatan, akan tetapi kemudian memohon ijin kepada Raden Bahu untuk dapat bertempat tinggal di Pekalongan.

    Oleh Raden Bahu disetujui bahkan pula oleh Ratu Kidul. Dewi Lanjar diperkenankan tinggal dipantai utara Jawa Tengah terutama di Pekalongan. Konon letak keraton Dewi Lanjar terletak dipantai Pekalongan disebelah sungai Slamaran.
    MEONG

  2. The Following 3 Users Say Thank You to sakti For This Useful Post:

    Co77ers (29-01-2013),co_casanova (03-02-2013),[BEJO] (29-01-2013)

  3. #2
    Co77ers's Avatar
    "I'm Nothing"

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    32,464
    Gender

    Thanks
    3,931
    Thanked 2,877 Times in 860 Posts

    Achievements:
    Three FriendsOverdriveCreated Album picturesRecommendation First ClassTagger First Class
    Awards:
    Posting AwardUser with most referrersArm of Law

    Re: Legenda ratu pantai utara pekalongan

    Wah... sedih juga perjalanan hidup Dewi Lanjar...

    Only know you love her when you let her go
    And let her go


  4. #3
    sakti's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Antara Surga dan Neraka
    Posts
    434
    Gender

    Thanks
    94
    Thanked 117 Times in 48 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience Points1 year registered

    Re: Legenda ratu pantai utara pekalongan

    Quote Originally Posted by Co77ers View Post
    Wah... sedih juga perjalanan hidup Dewi Lanjar...
    ya mbah.... hampir semua yang menjadi legenda hidupnya penuh dengan cobaan mbah....
    kalo bisa hadapi cobaan maka akan menjadi besar dan menjadi legenda
    weks kok nadanya serius banget ya
    hehehehe............
    MEONG

  5. #4
    Co77ers's Avatar
    "I'm Nothing"

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    32,464
    Gender

    Thanks
    3,931
    Thanked 2,877 Times in 860 Posts

    Achievements:
    Three FriendsOverdriveCreated Album picturesRecommendation First ClassTagger First Class
    Awards:
    Posting AwardUser with most referrersArm of Law

    Re: Legenda ratu pantai utara pekalongan

    Quote Originally Posted by sakti View Post
    ya mbah.... hampir semua yang menjadi legenda hidupnya penuh dengan cobaan mbah....
    kalo bisa hadapi cobaan maka akan menjadi besar dan menjadi legenda
    weks kok nadanya serius banget ya
    hehehehe............
    Tapi gak semua tokoh legenda hidupnya penuh cobaan ah...
    Ada juga yang jadi legenda karena kesaktiannya atau karena jasanya

    Only know you love her when you let her go
    And let her go


  6. #5
    garuda_big's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Kota Karang
    Posts
    1,390
    Gender

    Thanks
    73
    Thanked 25 Times in 10 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger Second ClassYour first Group1 year registeredRecommendation Second Class

    Re: Legenda ratu pantai utara pekalongan

    Karena tekun dan giat berhasil juga yah si dewi..
    ambil contoh baiknya aja deh dari legenda2 kayak gn
    emang sedih ceritanya
    >< Wellcome home all ><

  7. #6
    Gaboel's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Jun 2013
    Location
    semarang
    Posts
    2,492
    Gender

    Follow Me
    @@aw_gaboel
    Thanks
    960
    Thanked 24 Times in 8 Posts

    Achievements:
    Three Friends5000 Experience PointsVeteran

    Re: Legenda ratu pantai utara pekalongan

    nubi mau sekedar coment.mohon maaf klo ada kata yg salah.klo nubi baca dari buku"ilmu pengetahuan otak ane" dewi lanjar ini emang memang diberi kekuasaan oleh Ratu Kidul untuk menjaga kawasan pantai utara.dan konon katanya dewi lanjar ini sering bagi bagi uang gaib.bener ato tidaknya mohon pendapat suhu suhu yg lebih tinggi wawasanya dr buku"ilmu pengetahuan otak ane"
    yang saya yakini pasti dewi lanjar ini ga kalah cantik dr penguasa pantai selatan
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  8. #7
    nakadashi's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    Semarang, Indonesia, Indonesia
    Age
    33
    Posts
    756
    Gender

    Thanks
    16
    Thanked 52 Times in 18 Posts

    Achievements:
    Three FriendsYour first Group1 year registered5000 Experience Points

    Re: Legenda ratu pantai utara pekalongan

    Aku malah lagi penasaran tentang gunung kemukus yg bisa buat kita kaya dengan cara melakukan ritual ml dengan yg bukan istrinya.. ada yg pernah k sana?

    Sent from my GT-N7100 using Tapatalk 2

  9. #8
    Gaboel's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Jun 2013
    Location
    semarang
    Posts
    2,492
    Gender

    Follow Me
    @@aw_gaboel
    Thanks
    960
    Thanked 24 Times in 8 Posts

    Achievements:
    Three Friends5000 Experience PointsVeteran

    Re: Legenda ratu pantai utara pekalongan

    Quote Originally Posted by nakadashi View Post
    Aku malah lagi penasaran tentang gunung kemukus yg bisa buat kita kaya dengan cara melakukan ritual ml dengan yg bukan istrinya.. ada yg pernah k sana?

    Sent from my GT-N7100 using Tapatalk 2
    nubi sich denger denger gitu suhu naka.khasiatnya lebih manjur katanya klo bawa cewe sendiri.apalagi yg ketinya putih
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  10. #9
    nakadashi's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    Semarang, Indonesia, Indonesia
    Age
    33
    Posts
    756
    Gender

    Thanks
    16
    Thanked 52 Times in 18 Posts

    Achievements:
    Three FriendsYour first Group1 year registered5000 Experience Points

    Re: Legenda ratu pantai utara pekalongan

    Quote Originally Posted by Gaboel View Post
    nubi sich denger denger gitu suhu naka.khasiatnya lebih manjur katanya klo bawa cewe sendiri.apalagi yg ketinya putih
    Masa sih... kayaknya ga pernah gw denger berhubungan ama keti.... hahahhaa

    Sent from my GT-N7100 using Tapatalk 2

  11. #10
    Gaboel's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Jun 2013
    Location
    semarang
    Posts
    2,492
    Gender

    Follow Me
    @@aw_gaboel
    Thanks
    960
    Thanked 24 Times in 8 Posts

    Achievements:
    Three Friends5000 Experience PointsVeteran

    Re: Legenda ratu pantai utara pekalongan

    Quote Originally Posted by nakadashi View Post
    Masa sih... kayaknya ga pernah gw denger berhubungan ama keti.... hahahhaa

    Sent from my GT-N7100 using Tapatalk 2
    harap dimaklumi suhu.nubi kan penggemar keti putih
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •