Results 1 to 9 of 9
  1. #1
    echoe's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Sarolangun,Jambi
    Posts
    306
    Gender

    Follow Me
    @echoe_ds2
    Thanks
    29
    Thanked 38 Times in 26 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Inilah Yang Terjadi Jika Kita Dalam Kecepatan Cahaya

    Saat ini adalah sudah 105 tahun sejak Einstein pertama kali memperkenalkan Theory of Special Relativity yang menjelaskan apa yang terjadi pada suatu objek pada kecepatan cahaya.




    Sebenarnya ada banyak yang harus dipelajari terkait pertanyaan tadi. Tapi kita langsung saja melihat apa yang terjadi pada suatu benda saat kita membuatnya bergerak mendekati kecepatan cahaya. Ada tiga hal penting:


    1.Kontraksi.


    Ini akan terjadi pada semua orang. Jika kita bergerak mendekati kecepatan cahaya, lalu seseorang yang melihat kita, akan melihat kita mengecil. Tapi dari sisi kita, segala sesuatu yang kita lihat akan terlihat bergerak ke arah belakang kita mendekati kecepatan cahaya, dan juga seperti memiliki dimensi yang mengecil.


    2.Melambatnya Waktu.


    Fenomena ini disebut dilasi (dilation), dan lagi, ini terjadi pada semua orang. Artinya bahwa jika kita bergerak mendekati kecepatan cahaya, semua orang yang melihat kita akan melihat bahwa waktu akan berjalan lebih lambat untuk kita: arloji kita berjalan lebih lambat, umur kita melambat, detak jantung kita melambat, dst. Tapi kita juga melihat hal yang sama, umur orang-orang itu melambat, dst.




    Tapi jika kita pergi dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya dan lalu kita kembali ke bumi pada kecepatan bumi, kita akan menemukan fakta bahwa selama perjalanan kita, meski umur kita berjalan normal seperti biasa, yang terjadi di bumi lebih lama waktu yang telah terlewati.


    3.Lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk menambah kecepatan.


    Beberapa dari Anda yang tahu sedikit fisika tahu bahwa besarnya energi dari suatu partikel adalah E=mc2. Beberapa dari Anda juga tahu bahwa Energi Kinetik = 1/2 mv2. Tapi saat Anda bergerak mendekati kecepatan cahaya, hal itu butuh dan butuh lagi lebih energi untuk bergerak lebih cepat. Pada grafik di bawah ini, garis ungu adalah formula lama untuk energi kinetik, tapi garis merah merupakan energi yang sebenarnya (relativistic). Catat bahwa Anda tidak akan pernah benar-benar sanggup mencapai kecepatan cahaya, tapi bahwa energi itu mendekati tak terbatas (infinity).




    Jadi itulah yang terjadi saat suatu benda biasa mendekati kecepatan cahaya: terlihat mengalami kontraksi, waktu melambat, dan kebutuhan akan energi yang lebih besar untuk menambah kecepatannya. Atau misalnya, sesuatu yang tidak memiliki massa (seperti foton, atau mengkin gravitasi), harus bergerak pada kecepatan cahaya.


    Tapi katakanlah Anda punya pesawat ruang angkasa, dan entah bagaimana caranya memutuskan untuk bepergian pada kecepatan cahaya. Apa yang terjadi?

    Okeh, jika Anda menggunakan seluruh energi di jagat raya untuk pesawat ruang angkasa Anda, Anda mungkin bisa mendekati kecepatan cahaya. Seberapa dekat? Kecepatan cahaya tepatnya 299,792,458 meter/detik. Dan Anda bisa mencapai antara kira-kira 1 x 10-30 meter/detik dari angka itu – udah bagus banget. Taruhlah Anda mencapai kecepatan itu, apa yang akan terjadi?




    Pertama, seluruh jagat raya akan berkontraksi menjelma menjadi hanya beberapa milyar kilometer – kurang dari satu tahun cahaya!


    Kedua, waktu akan melambat begitu hebat, hingga umur Anda akan hanya beberapa detik sementara jagat raya pada kenyataannya telah bertambah umur trilyunan tahun!


    Galaksi akan berfusi, bintang-bintang akan lahir dan meledak dalam sekejap mata. Dan akhirnya, Anda mungkin akan menjadi yang pertama kali melihat takdir dari jagat raya; jika jagat raya punya akhir, Anda bisa melambatkan waktu begitu hebat untuk Anda sendiri sehingga mungkin Anda tidak hanya melihatnya, Anda mungkin melakukannya hanya dalam hitungan detik.


    Jadi masalahnya bukan hanya bagaimana mencapai kecepatan cahaya, tapi ada alasan lain kenapa mending kita gak usah mencoba melakukannya.


    **dari web sebelah**
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  2. The Following 2 Users Say Thank You to echoe For This Useful Post:

    schizo (02-02-2013),zakipenyayang (02-02-2013)

  3. #2
    echoe's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Sarolangun,Jambi
    Posts
    306
    Gender

    Follow Me
    @echoe_ds2
    Thanks
    29
    Thanked 38 Times in 26 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Inilah Yang Terjadi Jika Kita Dalam Kecepatan Cahaya

    hehehehe.....kliatan sekolah dulu sering minggat pelajaran fisika.....Pis om..hehehehehe
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  4. #3
    echoe's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Sarolangun,Jambi
    Posts
    306
    Gender

    Follow Me
    @echoe_ds2
    Thanks
    29
    Thanked 38 Times in 26 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Inilah Yang Terjadi Jika Kita Dalam Kecepatan Cahaya

    Quote Originally Posted by co_casanova View Post
    Bukan minggat Omm

    Tapi bikin ngantuk saja
    Untung gurunya cantik

    Jadi ada hiburan liat pahanya
    bukan liatin pelajaran nya..
    tp liatin isi dalam rok nya bu guru cantik..hehehehhe
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  5. #4
    doyo's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    jakarta
    Posts
    1,589
    Gender

    Thanks
    22
    Thanked 36 Times in 23 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsRecommendation Second Class1 year registered

    Re: Inilah Yang Terjadi Jika Kita Dalam Kecepatan Cahaya

    Kayaknya terlalu berat buat ane nih om? maklum spesialis duduk belakang pas sekolah dulu.
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  6. #5
    sakti's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Antara Surga dan Neraka
    Posts
    434
    Gender

    Thanks
    94
    Thanked 117 Times in 48 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience Points1 year registered

    Re: Inilah Yang Terjadi Jika Kita Dalam Kecepatan Cahaya

    waduh rumus2 nya hebat.....
    tapi kalo memang terjadi apa mesin waktu akan terciptakan
    MEONG

  7. #6
    Co77ers's Avatar
    "I'm Nothing"

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    32,461
    Gender

    Thanks
    3,931
    Thanked 2,877 Times in 860 Posts

    Achievements:
    Three FriendsOverdriveCreated Album picturesRecommendation First ClassTagger First Class
    Awards:
    Posting AwardUser with most referrersArm of Law

    Re: Inilah Yang Terjadi Jika Kita Dalam Kecepatan Cahaya

    Duh... Mumet mbacanya Om... mata eke jadi Puyeng

    Only know you love her when you let her go
    And let her go


  8. #7
    schizo's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    joglosemar
    Posts
    605
    Gender

    Thanks
    162
    Thanked 207 Times in 46 Posts

    Achievements:
    Three Friends1 year registered5000 Experience Points

    Re: Inilah Yang Terjadi Jika Kita Dalam Kecepatan Cahaya

    keren nih oom postingannya...
    menambah wawasan..



    Quote Originally Posted by sakti View Post
    waduh rumus2 nya hebat.....
    tapi kalo memang terjadi apa mesin waktu akan terciptakan
    secara teori ketemu rumusnya tuh om,,
    cuma prakteknya yang belum tau...
    strangers say i'm quite, my friend says i'm outgoing,
    my mom's told me i'm schizophrenic


  9. #8
    zakipenyayang's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    587
    Gender

    Thanks
    200
    Thanked 207 Times in 58 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger First Class5000 Experience PointsVeteran

    Re: Inilah Yang Terjadi Jika Kita Dalam Kecepatan Cahaya

    trus soal waktu kembar itu gimana ngejelasinnya om? kalo nggak salah inget jama sma kan ada paramater laplace yang mengkonversi juga menjadi dasar perhitungan einstein untuk konversi waktu dan materi ketika t=3,28x10exp8 m/s.. udah lupa soalnya xixixi..

    trus kalo ml dengan kecepatan cahaya bisa hamil nggak om?
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  10. #9
    echoe's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Sarolangun,Jambi
    Posts
    306
    Gender

    Follow Me
    @echoe_ds2
    Thanks
    29
    Thanked 38 Times in 26 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Inilah Yang Terjadi Jika Kita Dalam Kecepatan Cahaya

    Quote Originally Posted by zakipenyayang View Post
    trus soal waktu kembar itu gimana ngejelasinnya om? kalo nggak salah inget jama sma kan ada paramater laplace yang mengkonversi juga menjadi dasar perhitungan einstein untuk konversi waktu dan materi ketika t=3,28x10exp8 m/s.. udah lupa soalnya xixixi..

    trus kalo ml dengan kecepatan cahaya bisa hamil nggak om?
    hahahahaha......blum tau caranya om??
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •