Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12
  1. #1
    godamdoll123's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Age
    56
    Posts
    393
    Gender

    Thanks
    146
    Thanked 98 Times in 36 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience Points3 months registered

    Fenomena Kampung Wentire di Palu [Sulawesi Tengah]

    Wentira merupakan lokasi yang berada di kebun kopi (lintas trans-sulawesi). Wentira sendiri menurut beberapa kesaksian orang-orang yang mengaku pernah ke sana mengatakan kalau wentira merupakan suatu kota yang sangat teramat indah dengan ciri khas warna kuning.


    Namun yang sebenarnya jika lihat langsung, wentira sebenarnya hanya daerah berhutan lebat, jauh dari mana-mana, di antara palu-parigi, di lintas jalan yang disebut orang sebagai trans-sulawesi. Pohon-pohon raksasa tumbuh di pinggir jalan, dengan bentuk batang besar, putih, cenderung lurus, menjulang sangat tinggi seakan ingin menggapai langit. Batang pohon itu begitu lurus, dan baru di bagian sangat atas di ketinggian, tumbuh dahan dan cabangnya dengan daun-daun yang menjadi sangat kecil-kecil kalau dilihat dari bawah. Konon, tak ada seorang pun berani menebang pohon seperti itu.




    Tersiar dari salah satu acara di Statiun TV nasional, Wentira merupakan salah satu kota Gaib yang konon sebagai warisan Benua Atlantis yang telah lama hilang ditelan bumi. Sebenarnya banyak sekali kesaksian-kesaksian dari orang-orang yang mengaku pernah jalan-jalan ke Wentira, misalnya salah satu contoh yang paling terbaru yang saya dengar adalah ada seseorang yang memesan sebuah mobil BMW series warna kuning dengan memberikan alamat WENTIRA.



    Dan hebohnya, yang memesan itu adalah seorang pria tua tanpa ada keanehan sama sekali menurut sales promotion perusahaan tersebut. lalu setelah di mobil tersebut di antar, ternyata tempat yang mereka datangi hanyalah hutan lebat. Banyak juga warga di sekitar Wentira mengatakan, apabila ada kendaraan lewat daerah tersebut harus membunyikan klakson 3X agar perjalanan mereka lancar sampai tujuan.


    Menurut cerita yang lebih parah dari kisah wentira : Suatu hari di Pulau kalimantan ada sebuah tebing yang penuh dengan sarang burung walet tetapi tak seorang pun yang bisa memanjatnya, pada suatu ketika ada seorang pemuda dengan santai memanjat tebing itu meski tampa pengaman, melihat aksi dari pemuda itu warga serompak terkejut ketika turun para warga datang bertanya kepada pemuda itu karna wajahnya agak asing di mata warga, ketika para penduduk bertanya dari mana dia berasal, lalu pemuda itu menjawab dengan lantang saya dari Kota Wentira Palu tak lama kemudian pemuda itu hilang di kerumunan warga, (Cerita Pak Sappam SekolahQ), dari cerita di atas warga wentira juga sering berkelana dan mengembangkan kotanya dan menurut perkiraan kami Wentira telah berkembang sampai di Mamuju (sul-bar), Mekongga (sul-tra) dan bisa saja sampai di Kalimantan Walaupun cerita ini seperti tak mungkin, namun saya sarankan agar kalian jalan-jalan untuk melihat langsung lokasi dari Wentira ini


    Cerita mengenai keberadaa komunitas Jin Uwentira beredar cukup santer di kalangan masyarakat Palu. Mendengar kata Uwentira atau Wentira, mereka merujuk pada cerita, kisah maupun mitos soal keberadaan komunitas yang tak kasat mata ini. Hanya sedikit orang yang bisa melihatnya bahkan bisa berkomunikasi dengan warga Uwentira yang sering muncul bahkan di pasar-pasar di Palu dan sekitarnya. Kawasan Wentira ini oleh kalangan paranormal di Indonesia, memang dikenal sebagai salah satu wilayah paling angker di seluruh pelosok nusantara. Demi menjawab rasa penasaran banyak pengunjung, saya ingin membagikan cerita 3 teman saya berikut ini. Kebetulan mereka saya kenal karena bertemu langsung.




    Cerita Sulwan Dase
    To Wentira (ditulis Uwentira), demikian masyarakat Palu menyebut komunitas ini. Terletak disebuah kawasan yang bernama Wentira. Orang Toraja kuno menyebutnya To Wae Ntira. Menurut beberapa kawan menceritakan pengalaman mereka saat bertemu dgn orang2 To Wentira. Katanya, kita seolah-olah terombang-ambing diantara dunia nyata dan dunia maya, rasionalitas, dan supranatural. Bingung bercampur takjub. Antara percaya dan tidak percaya.


    Menurut mereka yang pernah ke Kota Wentira, kota itu sangat modern, dgn peradabana yang sangat luar biasa. Semua jenis kendaraan ada disana (termasuk MRT). Masyarakatnya makmur dan serba berada. Yang menjadi persoalan adalah, pintu masuk ke kota tsb. Hampir tak satu orang pun bisa menjelaskn secara pasti lokasi jalan masuk. beberapa menjelaskna bhw pintu masuk dgn kendaraan roda dua dan mobil adalah melalui sebuah jembatan beratap. Jembatan ini sebenarnya menjembatani sebuah sungai yg membentang. Secara logika, bila kita masuk ke ujung satu pastilah bisa tiba di ujung satunya. Namun keanehan terjadi. Kadang2 ketika sebuah mobil memasuki ujung jembatan, mobil itu tdk pernah lagi keluar di ujung satunya. Beberapa hari kemudian, barlah pengendara mobil itu bercerita bhw mereka baru saja pulang dari Kota Wentira, di mana segala sesuatunya ada disana. Wow persoalannya, di bagian mana dari jembatan itu yg menjadi pintu masuknya? Sebab mobil tsb ketika memasuki jembatan, menghilang begitu saja dari pandangan mata….Sewaktu saya bertanya kepada beberap kawan yg pernah kesana, mengatakan, tempat itu sangat luar biasa. Namun tdk ada lagi yg berani kesana…


    Cerita LES Kalatiku
    Saya ingat suatu kejadian aneh yang saya dengar dari bapak saya sendiri. Waktu itu Bapak mempunyai proyek di daerah lokasi wentira. niatnya sih jalan2 di jembatan itu tapi pas memasuki mulut jembatan menurut teman proyeknya mobil truk yang pakai teman saya dan supirnya tiba2 hilang seakan2 di telan oleh jembatan itu. terus terang ini tidak masuk di akal tapi kenyataan terjadi. tapi sayang teman kantor sya ini tidak mau menceritakannya pak jadi jujur saya juga jadi penasaran dengan cerita teman saya yang katanya kota itu luar biasa modern. yah antara kenyataan dan fiksi….jadi bingung


    Kesaksian PS Patandung
    To wentira menurut orang Kaili (Suku asli di Sulteng) ada di sekitar kebun kopi ( Jl poros tawaeli – Toboli ) di jalan poros tersebut ada satu jembatan yang masih ada sampai sekarang. Konon katanya, masih buatan Belanda. Di sampingnya ada satu jembatan jembatan beton yang digunakan konon tahun 1980-an setiap kendaraan yg lewat wajib memberi kode lampu atau setidaknya klakson sebagai tanda permisi mau lewat.
    Saya sudah beberapa kali melewati kawasan Kebun Kopi yang disebut-sebut dua teman terakhir ini. Kawasan ini dikenal cukup berat, menanjak dengan kemiringan tajam. Belum lagi sering terjadi longsong. Jembatan itu masih ada, dan bahkan sekarang ada sebuah tugu berwarna kuning bertuliskan NGAPA UWENTIRA. Ngapa dalam bahasa Kaili berarti Kampung,Negeri atau Kota. Uwentira berarti tidak kasat mata. Jadi NGAPA UWENTIA berarti Kota UWENTIRA.Bagaimana ciri-ciri fisik warga Uwentira, apakah bedanya dengan manusia seperti kita? Nantikan kisah berikutnya.


    Kisah Wentira
    Kisah berikut agaknya sejalan dengan cerita yang saya dapatkan dari beberapa sumber di Palu maupun di luar Palu. Warga Wentira tidak punya garis pemisah diatas tengah bibir, seperti layaknya manusia normal.


    Menurut keyakinan masyarakat setempat, yang disebut kawasan Wentira atau Uwentira adalah wilayah yang sekarang dikenal sebagai kawasan kebun kopi, di jalan Trans Sulawesi poros Sulawesi Selatan – Sulawesi Tengah. Di sekitar sana tidak ada pemukiman penduduk hanya pohon-pohon yang menjulang tinggi berwarna keputih-putihan ditandai dengan sebuah jembatan yang konon hanya orang yang mampu melihat hal-hal gaib-lah yang bisa melihat kalau ternyata jembatan itu juga merupakan pintu gerbang untuk masuk ke Kerajaan mistis Wentira.


    Seseorang, dengan identitas selebcelebes
    memposting cerita ini di sebuah forum. Berikut kisahnya. Untuk masuk ke Wentira, tidak boleh sembarangan, hanya yang dikehendaki dan diizinkan oleh penghuni Wentira yang boleh masuk. Nah, paman teman saya ini termasuk orang yang diizinkan, karena dia melakukan ritual-ritual ditemani oleh orang2 pintar di sekitar daerah itu. Sementara kalau orang yang dikehendaki biasanya orang yang katanya kalau lewat tidak permisi (kulo nowon) dulu, lewat dengan sombongnya, dan biasanya yang seperti ini tidak pernah lagi kembali keluar. Pernah ada kejadian mobil melintas di tengah jembatan tetapi sebelum sampai diujung jembatan sudah keburu menghilang, kata penduduk skitar masuk kedalam Wentira.


    Menurut cerita paman teman saya itu alam di dalam Wentira didominasi warna kuning keemasan dimana penghuninya hidup sangat sejahtera dan tidak ada yang miskin, kehidupan disana laiknya kehidupan normal, semua ada baik gedung, kendaraan dll tapi semuanya serba mewah. Menurut cerita orang-orang di sekitar pegunungan Sulawesi Tengah yang katanya juga masuk kedalam area Wentira, kadang-kadang ada penghuni Wentira yang keluar untuk berbelanja di pasar-pasar tradisional, ciri-cirinya yang utama adalah tidak ada garis pemisah diatas tengah bibir seperti layaknya manusia normal, kalau mereka muncul tetap dilayani tetapi tidak ada yang berani mengganggu.




    Kata UVENTIRA atau UWENTIRA. Itu mengandung makna filosofi antara mistik, supranatural dll..memang kejadian tersebut ada,tapi hanya segelintir orang yg bisa merasakan atau pernah berada di dalamnya.dulu kawasan Trans sulawesi atau orang lokal sana bilang Kebun kopi adalah kawasan yg sangat sepi,jauh dari keramaian seperti sekarang ini.belum ada tugu atau apapun,yg hanya ada bekas jembatan belanda yg usianya udah ratusan tahun lebih.jembatan itu dulu niat nya mau di renovasi oleh Dinas pekerjaan umum (PU), tapi yg terjadi kayu yg berada di jembatan itu pada saat mau di belah malah muncul darah keluar dari batang2 kayu dari jembatan itu.entah hal apa yg terjadi,banyak paranormal mencoba untuk bernegosiasi dengan penghuni di situ, jika jembatan tersebut mau di hancurkan maka sepanjang jalan kebun kopi tersebut akan meminta tumbal yg banyak.maka dari itu kayu dari jembatan tersebut tidak jadi di bongkar akan tetapi di ambil dan di simpan oleh kepala suku yg ada di kawasan tersebut.tidak sembarang orang yg bisa mengangkat atau mengambil batang kayu dari jembatan itu..konon cerita nya kayu tersebut tidak dapat di belah oleh benda yg tajam sekalipun atau mengunakan alat berat untuk menghancurkanya.


    Satu lagi tambahan saya pernah di kawasan tersebut mau di adain acara uji nyali oleh acara di salah satu stasiun swasta.tapi kata kepala suku atau orang tua di kawasan itu bilang bisa diadakan. TAPI dengan satu syarat harus Tumbal manusia untuk bisa melangsungkan acara tersebut..dengan sangat terpaksa acara uji nyali tersebut di cancel oleh panitia acara tersebut.dan akhirnya mereka di suruh pulang oleh orang2 yg ada di kawasan tersebut, agar tidak terjadi hal yg tidak di inginkan..hanya itu saja yg ane tau sampe sekarang.


    Uventira masihlah menjadi misteri bagi kalangan orang Sulawesi Tengah sampai sekarang..ada maksud dari kata uventira atu uwentira yaitu AIR KEHIDUPAN. karena di sekitar tempat tersebut terdapat mata air yg tidak akan mengering walau musim kemarau panjang..intinya mari kita jaga alam kita dan hidup berdampingan dengan Nya. Alam adalah teman kita, Ayo mari kita jaga alam kita dengan tidak menebang hutan dengan sembarangan.
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  2. The Following 7 Users Say Thank You to godamdoll123 For This Useful Post:

    aloe vera (14-01-2013),Bogrex (16-01-2013),cipoy (23-01-2013),co_casanova (09-02-2013),Death Brain (16-01-2013),schizo (14-01-2013),yellow_pages (17-01-2013)

  3. #2
    schizo's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    joglosemar
    Posts
    605
    Gender

    Thanks
    162
    Thanked 207 Times in 46 Posts

    Achievements:
    Three Friends1 year registered5000 Experience Points

    Re: Fenomena Kampung Wentire di Palu [Sulawesi Tengah]

    Quote Originally Posted by co_casanova View Post
    Jadi merinding baca ceritanya
    Masuk ke dunia laen dan penampakan nih
    Ada yg pesen mobil tapi ternyata alamatnya hutan
    nah trus mobilnya diapain tuh oom??
    untung di dealernya dunxx..
    strangers say i'm quite, my friend says i'm outgoing,
    my mom's told me i'm schizophrenic


  4. #3
    aloe vera's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    2,869
    Gender

    Thanks
    222
    Thanked 225 Times in 13 Posts

    Achievements:
    Three FriendsCreated Album picturesOverdriveRecommendation Second Class3 months registered

    Re: Fenomena Kampung Wentire di Palu [Sulawesi Tengah]

    benar2 tempat yang indah

    gambar pertama seperti di film2 harry potter gitu ya

    benar2 cerita yang menawan dan sangat asik untuk disimak
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  5. #4
    Bogrex's Avatar
    [DS-2] tukang sapu

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    dibelakangmu..
    Age
    40
    Posts
    3,170
    Gender

    Follow Me
    @bogrex_ds2
    Thanks
    407
    Thanked 217 Times in 50 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger Second ClassRecommendation First Class10000 Experience PointsVeteran

    Re: Fenomena Kampung Wentire di Palu [Sulawesi Tengah]

    Sama seperi kerajan padang 12 dikalimantan
    Yang sering disebut dwngan alam bunian

  6. #5
    Ngatijo's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    dimana saja yg membuatku nyaman
    Posts
    617
    Gender

    Thanks
    34
    Thanked 69 Times in 16 Posts

    Achievements:
    Three FriendsVeteran5000 Experience Points

    Re: Fenomena Kampung Wentire di Palu [Sulawesi Tengah]

    Ya ya ya... Wentira,lebih tepatnya berada di wilayah toboli,area kebun kopi,tempat yang cukup dan boleh di katakan angker dan singup,cukup memakan banyak korban,terutama bagi pengendara bus(dulunya) antar kabupaten yang akan keluar dari kota palu,baik itu yang akan menuju ke pantai barat maupun ke pantai timur.tempat ini sebenarnya mempunyai 4 gerbang atau pintu masuk,antara lain dari seputaran tugu pancasila(pantai talise atau teluk palu),dari bawah jembatan buatan belanda jaman dahulu(gerbang utama),sebuah area di wilayah perkebunan kopi(bagian atas bukit) dan satu lagi berada di seputaran wilayah di area perbukitan area bumi perkemahan paneki(berada di sisi timur luar kota palu.sebahagian besar untuk ciri "penduduk" disana rata2 tak mempunyai belahan pada bibir bagian atas(atau dengan kata lain,tak ada belahan atau lengkungan pada area seputaran tumbuhnya kumis). Satu kisah nyata yang paling menarik diantara banyak kisah nyata yang dulunya sering terjadi diseputaran sana,dimana ada seorang kiayi yang masuk kesana (dapat dilihat dengan mata telanjang(real) untuk mengambil pulang sang cucu yang sempat di bawa kesana(bukan kasus penculikkan,hanya sebatas penduduk sana yang senang akan polah tingkah sang anak dan mengajaknya bermain ke wilayah mereka)) di samping itu pula ada kasus mobil bus(yang pada umumnya berupa bis angktan kota seperti kobutri,aspada,damri dll yang pada umumnya berada di kota2 seperti jakarta atau jogjakarta) yang berjalan sendiri tanpa sopir dan penumpang yang bergerak melewati tikungan dan sedikit tanjakkan yang berada di seputaran jembatan kuno yang di bangun oleh pihak belanda jaman baheula(mungkin pd jaman firaun masih ngojek onta kali yak ), ada pula "warga" sana yang kadang bisa di temui pada siang hari dan pada saat di tanya,selalu menjawab hanya ingin mencari kayu untuk sbgai konsumsi bahan bakar untuk memasak(itu kisah jaman dulu,moga,blm copy lagi kejadian jaman sekarang ). Untuk kasat mata,tempatnya sangat megah,bahkan ada warga seputaran toboli,kebun kopi menjulukki tempat itu sbgai hongkong kedua di dunia,karena mungkin dari sepenglihatan dia(mungkin juga pernah di bawah masuk kesana oleh "warga" sana) dari posisi tempatnya yang tertata rapi menuruni bukit hingga ke wilayah pantai. Dan penguasa dari tempat ini adalah tak lain dan tak bukan adalah raja di raja dr semua kerjaan2 jaman dahulu kala(yang pernah di kupas secara enterteint oleh tukul dan ustad soleh pada acara di sebuah stasiun televisi kenamaan di indonesia,yaitu Mr. Tukul jalan2.) Banyak yang menarik,yang bisa di kupas di tempat ini,tapi ya itu tadi,biarlah semua berjalan dengan apa adanya dan kembalikan lagi kesemuanya itu sebagai wujud syukur dan sebuah tanda ke Agungan serta Kebesaran Sang Khalik. Mungkin itu saja dari ane.

    Wassallam.


    Sedikit menambahkan ; tak ada gerbang masuk untuk kendaraan roda dua maupun roda 4 untuk menuju ke wilayah wentira ini semua gerbang yang ane sebutkan di atas tadi adalah berupa goa kasat mata yang hanya bisa di lihat atau di lalui oleh "warga" yang brsdomisili di area sana,kalopun ada yang bisa masuk,tentunya hanya org2 yg mempunyai kemampuan supranatural yang sudah diatas rata2 atau orang yang bener2 di ijinkan masuk ke area sana oleh sang penjaga ke empat gerbang tersebut. Kalo di liat atau kita kupas lebih jauh lagi,dr TS di atas yang mengatakan area sudah atau akan di perluas sampai ke wilayah mamuju,berarti secara otomatis,sebagai gerbang akan di geser atau akan ada penambahan gerbang lagi di daerah sisi timur kabupaten donggala,di seputaran pantai atau kurang lebihnya berada di area tanjung karang atau lebih di kenal dengan pantai pasir putih. Segitu ajah dr ane.
    Last edited by Ngatijo; 17-01-2013 at 12:23 PM.
    Tak Perlu Kata Untuk Ungkapkan Rasa, Karena Senja Cukup Membaca Mata
    PLEASE SAY NO TO DRUGS!



  7. #6
    Caiborg18's Avatar
    [ds2] Gold Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Surabaya
    Age
    27
    Posts
    154
    Gender

    Thanks
    11
    Thanked 6 Times in 4 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Fenomena Kampung Wentire di Palu [Sulawesi Tengah]

    hebat peradaban lebih maju,kan di jelaskan dalam alquran , 1 hari di dunia = dgn beberapa hari di alam goib,memungkinkan jika pembangunan disana lebih cepat sekian tahun dari pembangunan di dunia kita
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  8. #7
    blieputra's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    BALI
    Posts
    906
    Gender

    Follow Me
    @blieputra
    Thanks
    39
    Thanked 112 Times in 53 Posts

    Achievements:
    Three FriendsYour first GroupCreated Album picturesRecommendation Second ClassTagger Second Class

    Re: Fenomena Kampung Wentire di Palu [Sulawesi Tengah]

    Ternyata di indonesia ada jg tempat seperti itu ya.. jadi merinding bacanya..
    Klo sis Angelic baca ini pasti dia tertarik tuh..

    Sent using Taplak Meja




  9. #8
    Caiborg18's Avatar
    [ds2] Gold Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Surabaya
    Age
    27
    Posts
    154
    Gender

    Thanks
    11
    Thanked 6 Times in 4 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Fenomena Kampung Wentire di Palu [Sulawesi Tengah]

    Quote Originally Posted by blieputra View Post
    Ternyata di indonesia ada jg tempat seperti itu ya.. jadi merinding bacanya..
    Klo sis Angelic baca ini pasti dia tertarik tuh..
    tertarik ngapain blie?
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  10. #9
    item.kecil's Avatar
    [ds2] Platinum Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    532
    Gender

    Thanks
    247
    Thanked 6 Times in 1 Post

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Fenomena Kampung Wentire di Palu [Sulawesi Tengah]

    ternyata di bumi indonesia pun banyak ya.. fenomena2 aneh
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  11. #10
    Bogrex's Avatar
    [DS-2] tukang sapu

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    dibelakangmu..
    Age
    40
    Posts
    3,170
    Gender

    Follow Me
    @bogrex_ds2
    Thanks
    407
    Thanked 217 Times in 50 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger Second ClassRecommendation First Class10000 Experience PointsVeteran

    Re: Fenomena Kampung Wentire di Palu [Sulawesi Tengah]

    Om m27 tempat inikah
    Untuk menuju atau memasuki tempat atau kerajaan weintire yang dibutuhkan adalah hati yang bersih dan pikiran yang bersih pula..segala nafsu ditinggalkan ..saya yakin kita akan diterima atau diijinkan untuk masuk kesana
    Kalo pengalaman saya..dulu pertama gabung di grup fb..saya dikenalkan pada satu tempat..yaitu kerajaan padang 12 didaerah ketapang..saya mencoba untuk memasukinya dan dihadang oleh sosok yang dengan sopan dan tata krama tinggi menyambut saya..beliau bilang" abang tidak boleh masuk,abang bukan orang dalam..tunggu di pondok nanti akan dijemput( ada sahabat yang sudah saya kenal)" lalu saya mengurungkan niat dan saya berpamitan..
    kesan yang saya dapat..pada alam bunian..ketika kita datang dengan manusiawi..maka kita diaambut secara manusiawi pula..lain cerita jika kita datang dengan emosi dan nafsu
    ketika saya disambut oleh mbak tsb..bukan main luluh hati saya..dan sempat saya cerita pada sahabat saya..dan akhirnya diijinkan jika sudah benar benar bersih

    Lha gimana mau bersih..nongkrongnya di foto amatir dan vidwo amatir serta baca FR
    wan m27 tulung di dampingib wan bejo ya..beberafa saat mendatang bakal ada sedikit percikan..

    *nungguwanbejofeemanakarnafesenngawurini

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •