Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 14
  1. #1
    cipoy's Avatar
    [ ds2 ] Tukang Jalan

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Di atas Trotoar
    Age
    34
    Posts
    2,190
    Gender

    Thanks
    318
    Thanked 462 Times in 106 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger First ClassCreated Album pictures10000 Experience PointsVeteran
    Awards:
    Master Tagger

    Sejarah Cockpit Dua Awak di pelopori oleh Orang Indonesia

    Klo dulu tuh ya, di dalam sebuah cockpit tuh bisa ada 3-5 orang. Banyak bgt, apa aja tugas mereka? biasanya mereka itu dalam satu cockpit ada Pilot, Co-Pilot, Navigasi, telekomunikasi, dan teknisi.
    berkat kemajuan teknologi, skrg dalam satu cockpit cukup hanya dengan 2 awak aja. simpel kan? berikut sejarahnya...



    18 Januari 1983
    “Adalah Tn. Wiweko yang melahirkan Forward Facing Crew Cockpit dua awak. Kami bangga bahwa pesawat jenis ini telah menggunakan ide yang berasal dari pikiran seorang putra Indonesia, digabungkan dengan teknologi modern baru, yang menggunakan ‘push button illuminated switches’ dan sistem ‘digital’. Kokpit dua awak ini telah menjadi kenyataan, dan saya percaya bahwa ‘Garuda Design’ ini akan menjadi pilihan bagi semua maskapai penerbangan.”



    Fritz Winkelmann, Manajer Penjualan untuk Asia Jauh, Airbus Industrie. Anda pernah melihat isi kokpit pesawat? Pasti yang sering Anda lihat kokpit dua awak. Nah, kokpit ini dirancang oleh Wiweko Soepono, Direktur Utama Garuda Indonesian Airways kelahiran Blitar, 18 Januari 1923.
    Kokpit yang disebut Fritz tersebut, menjadi cikal bakal dari semua kokpit berawak dua pilot pesawat badan lebar dan jumbo, bahkan sekarang pada jetliner terbesar di dunia – superjumbo Airbus A380. Airbus kemudian memberi gelar kehormatan pada Wiweko sebagai “Bapak Two-man Forward Facing Crew Cockpit.”

    Agar berbeda dan memelopori sesuatu yang baru, ketika Eropa hendak mengembangkan pesawat berbadan lebar Airbus tahun 1967, Roger Beteille, Executive Vice President dan General Manager Airbus Industrie, pernah melontarkan gagasan tentang pesawat Airbus yang kokpitnya diawaki dua orang. Gagasannya mengambil dasar pesawat dua awak buatan Perancis, Caravelle, tapi pasar saat itu hanya mau menyerap pesawat badan lebar Boeing, Douglas dan Lockheed yang kokpitnya tetap dilengkapi side-panel bagi flight engineer.

    Sementara Wiweko di belahan Bumi yang lain telah mengambil langkah berani menuju two-man crew cockpit bagi pesawat kapasitas besar. Ia menciutkan jumlah awak kokpit pesawat bermesin empat Douglas DC-8 dari lima menjadi tiga orang. Alasannya, flight radio operator dan navigator tidak diperlukan lagi di pesawat, karena sudah tertangani penerbangnya.


    Garuda Indonesia A300B4, pesawat berkokpit dua awak pertama di dunia.

    Mengambil pengalaman DC-8, dan pengalaman terbang solo melintasi Samudera Pasifik dengan Beechcraft Super H-18 dari Amerika Serikat ke Jakarta, Wiweko berkesimpulan bahwa kokpit A300 cukup diawaki dua orang saja. “Keluarkan kursi (flight engineer) itu dan mari kita berunding mengenai pembelian pesawat,” katanya kepada Roger Beteille.
    Seketika itu Beteille terkejut, ia telah menemukan seseorang dengan visi jauh ke depan yang sama. Dan orang itu adalah Wiweko Soepono, asal negara berkembang tapi maju pemikiran dan pandangannya dalam menerapkan teknologi mutakhir penerbangan.

    Dalam proses pembuatannya, Wiweko Soepono ikut aktif dalam merancang two-man crew cockpit Airbus ini. Juga saat ia bersama Beechcraft merancang dan mempersiapkan Beechcraft Super H-18 untuk terbang solonya melintasi Pasifik. Selama 60 jam Wiweko terbang sendiri melintasi Pasifik, sambil refueling di Honolulu, Pulau Wake, Guam dan Manila. Prestasi yang sangat luar biasa bagi seorang penerbang.

    Wiweko-lah orang Asia pertama yang berhasil terbang sendiri melintasi Pasifik dengan pesawat angkut ringan – sebagai perbandingan, jarak daratan Amerika ke Hawaii lebih jauh daripada jarak New York ke Paris sejauh 5.806,8 km yang ditempuh penerbang terkenal Charles Lindbergh tanggal 20-21 Mei 1927.

    Update informasi tambahan dari om Mywingman

    Quote Originally Posted by Mywingman View Post
    o iya ada 1 lagi jasa Pak Wiweko Soepono bagi dunia penerbangan Indonesia, Beliau adalah pendiri Aeroclub pertama di Indonesia yang berbasis di Bandung yang bernama Aviantara dan masih berdiri sampai hari ini.
    Last edited by cipoy; 15-03-2013 at 04:05 AM. Reason: update data


  2. The Following 5 Users Say Thank You to cipoy For This Useful Post:

    chakar.dee (07-01-2013),hot_couple (14-03-2013),krokro (14-03-2013),Mywingman (15-03-2013),yellow_pages (07-01-2013)

  3. #2
    chakar.dee's Avatar
    [ds2] Pentungan Bedug

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    buritan kapal
    Posts
    4,546
    Gender

    Follow Me
    @chakardee_ds2
    Thanks
    958
    Thanked 431 Times in 76 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger Second ClassOverdriveRecommendation First Class10000 Experience Points

    Re: Sejarah Cockpit Dua Awak di pelopori oleh Orang Indonesia

    Banyak amat...5 orang ? Mau nyetir pesawat apa mau gangbang tuh....

    [ds2] on Tapatalk 2

  4. #3
    yellow_pages's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Age
    28
    Posts
    532
    Gender

    Thanks
    174
    Thanked 39 Times in 21 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Sejarah Cockpit Dua Awak di pelopori oleh Orang Indonesia

    Hmm... sayang ye
    Hmm... berite2 cem niy kurang diketahui publik Indonesia
    -[[||Pages_Of_Yellow||]]-

  5. #4
    cipoy's Avatar
    [ ds2 ] Tukang Jalan

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Di atas Trotoar
    Age
    34
    Posts
    2,190
    Gender

    Thanks
    318
    Thanked 462 Times in 106 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger First ClassCreated Album pictures10000 Experience PointsVeteran
    Awards:
    Master Tagger

    Re: Sejarah Cockpit Dua Awak di pelopori oleh Orang Indonesia

    Quote Originally Posted by chakar.dee View Post
    Banyak amat...5 orang ? Mau nyetir pesawat apa mau gangbang tuh....

    [ds2] on Tapatalk 2
    Klo ada crew ceweknya mungkin juga OM, tp klo cowok semua paling maen Kartu Poker aja

    Quote Originally Posted by yellow_pages View Post
    Hmm... sayang ye
    Hmm... berite2 cem niy kurang diketahui publik Indonesia
    Bener Om, ada beberapa yang ane tau karya mengagumkan dari anak bangsa,

    1. Sayap tambahan (Biasanya saat Take off dan Landing akan keluar) Karya Habibie
    2. Lengan Pesawat Terbesar saat ini yaitu Pesawat AirBus, diproduksi di INdonesia dan karya putra bangsa juga.


  6. #5
    yellow_pages's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Age
    28
    Posts
    532
    Gender

    Thanks
    174
    Thanked 39 Times in 21 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Sejarah Cockpit Dua Awak di pelopori oleh Orang Indonesia

    Quote Originally Posted by cipoy View Post
    Klo ada crew ceweknya mungkin juga OM, tp klo cowok semua paling maen Kartu Poker aja



    Bener Om, ada beberapa yang ane tau karya mengagumkan dari anak bangsa,

    1. Sayap tambahan (Biasanya saat Take off dan Landing akan keluar) Karya Habibie
    2. Lengan Pesawat Terbesar saat ini yaitu Pesawat AirBus, diproduksi di INdonesia dan karya putra bangsa juga.
    Hmm... iye om
    Hmm... sayang bise ntuk penyemangat ntu
    Hmm... btw ntu masih mending pade maenan poker
    Hmm... la klo pade tusbolan cemane om
    -[[||Pages_Of_Yellow||]]-

  7. #6
    cipoy's Avatar
    [ ds2 ] Tukang Jalan

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Di atas Trotoar
    Age
    34
    Posts
    2,190
    Gender

    Thanks
    318
    Thanked 462 Times in 106 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger First ClassCreated Album pictures10000 Experience PointsVeteran
    Awards:
    Master Tagger

    Re: Sejarah Cockpit Dua Awak di pelopori oleh Orang Indonesia

    Quote Originally Posted by yellow_pages View Post
    Hmm... iye om
    Hmm... sayang bise ntuk penyemangat ntu
    Hmm... btw ntu masih mending pade maenan poker
    Hmm... la klo pade tusbolan cemane om
    wajib di cek dulu tuh sapa aja yang mo naek tu pesawat


  8. #7
    yellow_pages's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Age
    28
    Posts
    532
    Gender

    Thanks
    174
    Thanked 39 Times in 21 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Sejarah Cockpit Dua Awak di pelopori oleh Orang Indonesia

    Quote Originally Posted by cipoy View Post
    wajib di cek dulu tuh sapa aja yang mo naek tu pesawat
    Hmm... atut ah om
    Hmm... biar wan Bejo aje nyang hobinye sweefing
    -[[||Pages_Of_Yellow||]]-

  9. #8
    hot_couple's Avatar
    [ds2] Platinum Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Mar 2013
    Location
    DKI Jakarta
    Posts
    94
    Gender

    Thanks
    22
    Thanked 33 Times in 10 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Sejarah Cockpit Dua Awak di pelopori oleh Orang Indonesia

    Seharusnya informasi seperti ini bisa ditulis di buku anak2 sekolah sehingga memberikan inspirasi bagi generasi berikutnya untuk bisa berkarya di kancah internasional..
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  10. #9
    echoe's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Sarolangun,Jambi
    Posts
    306
    Gender

    Follow Me
    @echoe_ds2
    Thanks
    29
    Thanked 38 Times in 26 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Sejarah Cockpit Dua Awak di pelopori oleh Orang Indonesia

    nice info om??jd tau ane orang indo hebat2......



  11. #10
    Mywingman's Avatar
    [ds2] QM

    Status
    Offline
    Join Date
    Jan 2013
    Location
    Bandung tea
    Posts
    696
    Gender

    Thanks
    113
    Thanked 107 Times in 39 Posts

    Achievements:
    Three Friends5000 Experience PointsVeteran

    Re: Sejarah Cockpit Dua Awak di pelopori oleh Orang Indonesia

    Quote Originally Posted by cipoy View Post


    1. Sayap tambahan (Biasanya saat Take off dan Landing akan keluar) Karya Habibie

    Maaf om,klo boleh ane sedikit ralat,mungkin maksudnya Flap ya om. Setau ane Flaps digunakan pertama di pesawat Junkers 32 di tahun 1930an. Flaps sendiri digunakan utk membantu menambah atau memecah aliran udara di bawah sayap pada saat pesawat take off,landing atau bermanuver.
    Pesawat pertama karya anak bangsa diawal tahun 1960 an pun sudah menggunakan flaps sebagai bagian dari desain sayapnya.


    Intinya teknologi flap ini bukan karya Habibie om.


    mohon maaf lho om sekali lagi
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •