Berat badan terus naik dan tubuh selalu merasa lelah. Kondisi ini pada banyak orang dianggap hal biasa. Padahal, ini bisa jadi gejala gangguan hormon yang dikenal dengan hipotiroidisme.

Gangguan ini terjadi karena tubuh tak mampu memproduksi hormon tiroid yaitu tiroksin dengan cukup. Tiroksin memainkan peranan penting untuk mengatur pencernaan dan metabolisme tubuh. Ketika jumlah hormon rendah dapat menyebabkan tubuh menjadi lesu, rentan insomnia dan kecemasan.

Gejala lain yang yang umum terjadi adalah kenaikan berat badan. Mereka yang menderita hipotirodisme juga disarankan mengonsumsi makanan beryodium. Lalu, jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut perbanyak konsumsi makanan berikut.

Sayuran hijau
Orang yang menderita sekresi tiroid rendah, harus banyak mengonsumsi sayuran hijau, seperti selada, brokoli, kembang kol, dan kecambah. Mengonsumsi sayuran tersebut secara rutin dapat menghidupkan kembali jaringan otot dan saraf yang berdampak pada kondisi hormon. Rumput laut yang kaya akan yodium juga baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Buah-buahan
Selain sayuran, buah juga penting untuk menjaga keseimbangan hormon tiroid Anda. Bagi pasien tiroid, seperti dilansir dari Boldsky, dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan seperti cerry, tomat, dan wortel. Akan lebih nikmat, jika Anda mengonsumsinya dengan dijadikan segelas smoothies segar.

Biji-bijian
Bagi penderita hipotiroidisme, beras merah dan oatmeal dapat menjadi menu sehat saat sarapan. Kandungan vitamin B dan nutrisinya mampu meningkatkan metabolisme dan merangsang keluarnya kelenjar tiroid.

Makanan tersebut juga termasuk glikemik rendah yang dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah. Menjaga gula darah, membantu mengontrol tingkat energi Anda, serta menghindari tubuh menjadi lesu.

Ikan
Asam lemak pada ikan salmon dan tuna dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sehingga tak mudah lesu dan terserang penyakit. Selain itu, dapat pula mengurangi peradangan pada pencernaan.

Unggas
Kekurangan zat besi dapat memperburuk gejala hipotiroidisme Anda. Konsumsilah produk unggas seperti telur, ayam, dan bebek yang kaya akan zat besi, zinc, dan vitamin D.