Results 1 to 4 of 4

Thread: pantangan asam urat n pengobatan nya1448 days old

  1. #1
    liangchan's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    surabaya
    Age
    32
    Posts
    917
    Gender

    Thanks
    76
    Thanked 191 Times in 34 Posts

    Achievements:
    Three FriendsRecommendation Second Class5000 Experience PointsVeteran

    pantangan asam urat n pengobatan nya

    Kadar normal asam urat untuk wanita berkisar 2.4 hingga 6 sementara bagi pria yaitu 3.0 hingga 7, Agar kadar asam urat dapat kembali normal maka sangatlah disarankan agar penderita penyakit asam urat (gout) dapat mengontrol makanan yang dikonsumsi dengan menghindari makanan dan minuman yang merupakan pantangan dan menjadi pemicu penumpukan asam urat yang berlebihan dalam tubuh seperti dibawah ini :

    • Makanan yang mengandung banyak zat purin misalnya dari kelompok lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak.
    • Dari kelompok makanan instant berkemasan kaleng seperti kornet, sarden, daging, telur , kaldu dengan kuah daging yang kental.
    • Minuman fermentasi dan makanan yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape maupun tuak
    • Makanan olahan dari jenis kacang-kacangan dan kedelai seperti tempe, taucho, oncom, susu kedelai kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo dan emping
    • Kelompok sayuran seperti daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol dan buncis
    • Kelompok buah-buahan seperti durian, alpukat, nanas dan air kelapa.

    Diet Asam Urat dan Pengobatannya – Menjalankan pengobatan asam urat secara alami

    Bagi penderita asam urat akut maupun kronis sebaiknya melakukan diet asam urat untuk pembatasan makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi, cukup kalori (sesuai dengan kebutuhan tubuh) tinggi karbohidrat, rendah kalori, rendah lemak, tinggi cairan dan tanpa alkohol.

    • Diet normal biasanya 600-1000 mg purin perhari sedangkan bagi penderita asam urat harus mengurangi kadar purin hingga kadar konsumsi sekitar 100 – 150 mg purin.
    • Dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran yang tidak mengandung purin minimal 300 gr per hari kecuali asparagus, kacang polong, buncis, kembang kol, bayam dan jamur agar tetap dihindari.
    • Untuk meningkatkan memacu pembuangan asam purin melalu urin maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat komplex seperti nasi, singkong, roti, ubi tidak kurang dari 100 gr / hari.
    • Sebaiknya hanya mengkonsumsi protein yang bersumber dari protein nabati dengan aturan maksimal 1 gr / kg berat badan perhari atau kira-kira 50-70 gr/harinya
    • Memperbanyak minum air putih minimal 2.5 liter atau 10 gelas perhari dan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, blewah, belimbing dan jambu air

    Kandungan Purin yang perlu diketahui untuk pengobatan asam urat

    Penyebab utama terjadinya asam urat karena meningkatnya kadar purin dalam tubuh merupakan yang berasal dari bahan makanan yang kita konsumsi berupa sayur-sayuran, buah-buahan (bahan nabati) maupun makanan yang bersumber dari lauk pauk (bahan hewani). Agar kadar purin dapat terkontrol maka sangatlah perlu untuk mengetahui bahan makanan apa saja yang termasuk makanan rendah purin ataupun bahan makanan tinggi purin [ ... ]
    Solusi untuk menangani asam urat adalah dengan cara melakukan pengobatan, baik secara medis maupun terapi tradisional hingga kadar asam urat kembali normal namun langkah awalnya adalah dengan mengetahui makanan pantangan yang dapat memicu meningkatnya asam urat serta mengatur pola makan untuk diet asam urat maka kadar asam urat dalam tubuh dapat terkontrol.
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  2. The Following 2 Users Say Thank You to liangchan For This Useful Post:

    Bandhit (01-02-2013),wanguwung (12-03-2013)

  3. #2
    kpufk's Avatar
    [ds2] Gold Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Jan 2013
    Age
    35
    Posts
    77
    Gender

    Thanks
    0
    Thanked 2 Times in 2 Posts

    Achievements:
    Three Friends3 months registered500 Experience Points

    Re: pantangan asam urat n pengobatan nya

    Ingetnya gini aja, asam urat itu produk akhir dari protein, jadi kurangi makanan berprotein tinggi....
    Mati karena usus buntu doang??? Banyak bos!!

  4. #3
    liangchan's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    surabaya
    Age
    32
    Posts
    917
    Gender

    Thanks
    76
    Thanked 191 Times in 34 Posts

    Achievements:
    Three FriendsRecommendation Second Class5000 Experience PointsVeteran

    Re: pantangan asam urat n pengobatan nya

    Quote Originally Posted by co_casanova View Post
    Nah itu dia Bro mslhnya makana yg mengandung Protein tinggi enak banget

    Terutama telur entah itu rebus atau dadar, apalagi kalo dadar ala Padang enak banget tuh
    Ternyata bisa menyebabkan asam urat yakk

    Mesti lebih hati2 nih kalo makan
    makanan yg enak2 tuh juga resiko bro
    gawat nih,mesti makan apa coba
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  5. #4
    Bandhit's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    767
    Gender

    Thanks
    44
    Thanked 71 Times in 20 Posts

    Achievements:
    1000 Experience PointsThree Friends3 months registered

    Re: pantangan asam urat n pengobatan nya

    ane prnsh kena asam urat, gara kebanyakan mkan duren, pete, jeroan dan yg lain2... sampe jalan ja kyak robot... syukyrlah dah sembuh.. hehe
    nice share bro,

    Sent from my KemrengsengTalk 2
    Bandhit hanyalah sebuah ID... dimanapun adanya diriku selalu kemrengseng

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •