Results 1 to 6 of 6

Thread: Misteri batu raksasa di sulawesi tengah1504 days old

  1. #1
    ratih's Avatar
    [DS2] Mamih

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Lagi WOT
    Age
    36
    Posts
    5,094
    Gender

    Follow Me
    @RatuQn5
    Thanks
    251
    Thanked 2,216 Times in 989 Posts

    Achievements:
    Three FriendsCreated Album picturesTagger First ClassRecommendation First ClassOverdrive

    Misteri batu raksasa di sulawesi tengah

    [img]http://img1.****************/fileuploads/16807/16807599eacadb336016adf15fda95bef3779e05.jpg[/img]

    Situs megalitikum yang misterius di Indonesia, tidak hanya di Gunung Padang, Cianjur. Di Doda, Sulawesi Tengah, wisatawan juga bisa melihat kumpulan batu misterius yang serupa.

    Doda adalah sebuah desa yang terletak di lembah daratan Kabupaten Lore Utara, Sulawesi Tengah. Lanskap desa ini begitu indah karena dikelilingi pegunungan hijau, bernama Lore.

    Sepanjang mata memandang, Anda akan disuguhkan dengan hamparan padang rumput hijau. Tak ketinggalan padang ilalang yang mempercantik pandangan mata.

    Tapi di balik itu semua, Doda menyimpan misteri yang belum terpecahkan. Ada banyak batu besar yang berdiri tegak di atas tanahnya. Hamparan batu ini tersebar di dua situs berbeda, dan sampai sekarang belum diketahui asal muasal yang pasti. Konon, batu tersebut merupakan batu yang berasal dari zaman megalitikum.

    Situs pertama yang bisa dikunjungi di Doda adalah Pokekea. Di situs Pokekea, wisatawan bisa melihat batu-batu besar bulat yang tersebar di padang rumput. Jika diperhatikan, ada juga batu relief yang menggambarkan daun.

    Sampai sekarang, tidak ada yang tahu fungsi batu tersebut secara pasti. Masyarakat setempat percaya kalau batu tersebut merupakan batu tempat mandi raja. Tetapi ada juga yang mengatakan batu tersebut merupakan tempat minum raja.

    Patung batu di Pokekea juga ada yang mirip dengan manusia. Patung manusia ini memiliki ukiran wajah yang khas. Uniknya, ternyata ukiran wajah ini tidak hanya ada di Pokekea saja, tetapi juga di berbagai situs Megalitikum yang tersebar di Lembah Doda.

    Patung mirip manusia ini disebut masyarakat dengan nama patung suami istri. Disebut demikian karena patung ini berpasangan dan mirip pasangan suami istri.

    Dari Pokekea, perjalanan menyusuri batu megalitikum Doda bisa dilanjutkan ke situs Tadulako. Dalam bahasa Lore, Tadulako berarti raja.

    Sama seperti situs Pokekea, batu megalitik yang ada di Tadulako tersebar merata di atas tanah. Tapi ada satu yang membedakan dan cukup menarik perhatian, yaitu batu manusia setinggi 2 meter. Wow!

    Untuk mencapai tempat ini, wisatawan bisa memulai perjalanan dari Kota Palu. Waktu tempuh menuju Doda cukup panjang, yaitu sekitar 3 jam dengan jarak sekitar 157 km.

    Siapkan fisik Anda, capailah Doda, dan pecahkan misterinya.
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  2. #2
    Om Bravo's Avatar
    [ds2] Mate of Honor

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Soerabaya dan seitarnya
    Age
    44
    Posts
    2,212
    Gender

    Thanks
    67
    Thanked 87 Times in 40 Posts

    Achievements:
    Three FriendsRecommendation Second ClassCreated Album picturesVeteran10000 Experience Points
    Dak usah jauh2 ...
    Di kab. Tana toraja masih ɑϑǟ koq situsnya
    Masih di sulawesi selatan


    dalam sangkar yang membatasi antara nyata dan angan
    membatasiku menjadi bijak atas raga dan batinku.... aku terpenjara angkara
    dalam kesendirian aku tak pernah kesepian ...

  3. #3
    Bogrex's Avatar
    [DS-2] tukang sapu

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    dibelakangmu..
    Age
    40
    Posts
    3,170
    Gender

    Follow Me
    @bogrex_ds2
    Thanks
    407
    Thanked 217 Times in 50 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger Second ClassRecommendation First Class10000 Experience PointsVeteran
    Semoga suatu saat saya bisa berku.jung ke sulawesi
    amin


    btw..om bravo bisa nambahin artikelnya nggak..biar wawasan misteri di nusantara khususnya di ds bertambah

  4. #4
    garuda_big's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Kota Karang
    Posts
    1,390
    Gender

    Thanks
    73
    Thanked 25 Times in 10 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger Second ClassYour first Group1 year registeredRecommendation Second Class
    Suatu situs yg perlu di lestarikan nih
    om bravo di post dong biar lebih seru lagi
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  5. #5
    Ngatijo's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    dimana saja yg membuatku nyaman
    Posts
    617
    Gender

    Thanks
    34
    Thanked 69 Times in 16 Posts

    Achievements:
    Three FriendsVeteran5000 Experience Points

    Re: Misteri batu raksasa di sulawesi tengah

    kalo yang seperti ini sih,kagak mungkin di angkut pake mobil,ini lebih kepada suatu ukiran yang di buat(seperti candi kalo di jawa) untuk mengungkapkan ini lho kebudayaan jaman gw,tempatnya hanya ada beberapa di pulau sulawesi,seperti yang di katakan om bravo di atas,yaitu di tana toraja,sulawesi selatan,lore lindu anca,sulawesi tengah(tempat ini masih sangat susah di capai oleh kendaraan bermotor,baik itu roda dua maupun roda 4,mungkin ga sampe setengah jalan(bagi pengguna motor) tapi untuk sampai ke tempat/desa ini masyarakat menggunakan kuda sebagai alat transportasi dan mengangkut barang,kemudian lokasi berikutnya adalah di badda,di seputara poso pelosok,tempatt ini juga agak susah di jangkau oleh kendaraan.
    selain di jadikan tempat wisata daerah,tempat ini juga sering di jadikan olah spritual bagi yang ini menuju ke alam lain,karena ini sebagai salah satu pintu masuk ke dunia lain
    itulah sedikit banyak yg ane ketahui,karena ane pernah bertandang ke tempat ini
    Tak Perlu Kata Untuk Ungkapkan Rasa, Karena Senja Cukup Membaca Mata
    PLEASE SAY NO TO DRUGS!



  6. #6
    susumu's Avatar
    [ds2] Platinum Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    95
    Gender

    Thanks
    0
    Thanked 19 Times in 4 Posts

    Achievements:
    250 Experience Points7 days registered

    Re: Misteri batu raksasa di sulawesi tengah

    koq ilmuwan pada males ya mecahkan misterinya...apa ga ada yg mau donasi ya utk ilmu pengetahuan..tapi gpp juga deh..namanya juga misteri..kalo udah terpecahkan bukan misteri lagi
    * Kita Mungkin tidak bisa bermain dikamar yang sama, Tapi kita bisa bermain dilobang yang sama *


Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •