Results 1 to 7 of 7

Thread: Mancing Karangan (Rock Fishing)1460 days old

  1. #1
    kuntulan's Avatar
    [ds2] Gold Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    32
    Gender

    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Achievements:
    Veteran1000 Experience Points

    Smile Mancing Karangan (Rock Fishing)

    mancing karangan [rock fishing]

    mancing karangan yakni mancing ikan diatas batu karang yang dimana lokasi tersebut bisa kita jangkau dengan kendaraan maupun jalan kaki..
    sekedar untuk melepas strees sehabis kerja, lumayan kan kita olah raga jalan kaki dengan sedikit mendaki bukit dan merambah karang di pinggir laut. Dapet apa ga dapet yang penting kan bisa refreshing heeeee….
    Peralatan :

    1. joran atau walesan biasanya yang digunakan walesan panjang sekitar 3,5-4 mtr.
    2. kenur (senar) biasanya untuk karangan ukuran sekitar 0,5 atau 0,6 dengan beban tarik sekitar 50libs, kalau ingin yang tahan terhadap gesekan karang lebih baik menggunakan brededline atau yang jenis PE lebih tahan gesekan dan beban tariknya biasanya lebih tinggi sekitar 80 libs – 100 libs.
    3. mata kail yang digunakan untuk mancing laut biasanya di pakai yang ukuran 1/0, 2/0, 3/0, 4/0, 6/0, 8/0.
    4. reel tempat gulungan senar yang bisa menampung sampai 200 mtr senar.
    5. timah pemberat biasanya kita sebut timbel ukuran 0,8-1,2 ons/pcs.
    6. neklin sejenis senar tapi dari baja, ukuran sekitar 40 libs (dipakai untuk ikan besar)
    7. tang dipake untuk memotong kawat neklin dan yang jelas bukan untuk cabut gigi hiii..
    8. swivel, ukuran no.3 dan 2.
    9. klem neklin ukuran 22, 23, 24.
    10. pisau dapur untuk mengiris umpan (kadang buat potong ketela juga) heee…….
    11. coolbox untuk menyimpan umpan dan hasil tangkapan.
    12. jangkar ikan (alat Bantu untuk mengangkat ikan yang besar).
    13. senter (lebih bagus senter kepala)
    14. dan Tas punggung untuk peralatan tentunya…

    dari semua peralatan diatas adalah yang pokok dan mestinya di bawa saat mancing, sedangkan untuk makanan biasanya tergantung dari pemancingnya sendiri..
    yang jelas ditempat mancing ga ada yang jualan heeee….

    Waktu yang tepat :
    Waktu yang tepat untuk mancing karangan adalah sore atau malam hari karena cuaca diatas karang memiliki suhu yang lebih hangat sedangkan kalau siang hari panas euyy..
    Ya antara jam 4 sore sampai pagi juga bagus, Cuma kalau udah malam sekitar jam 11 malam ke atas ikannya udah pada berhenti makan.. biasanya sudah mulai beres beres untuk pulang haaa..

    Team work.
    Kok pake team work ya??
    Iya bro, kalau kita mancing diatas karang biasanya ga enak sendirian selain ga ada yang diajak ngomong (kecut deh mulut tuh) juga kalau pas dapat ikan besar ada yang Bantu untuk menaikan ikannya.. kalau sendirian mah dipastikan susah untuk menaikkan ikan besarnya, yang ada juga putus heeeee…
    Biasanya yang ideal sekitar ber 3 atau ber4 gitu.. jadi bisa saling Bantu.

    Lokasi:
    Lokasi mancing karangan tersebar di sepanjang pesisir wonosari sampai daerah pacitan, yang tentunya ga mungkin disebutkan satu persatu..
    Cuma ada beberapa lokasi yang pernah ane kunjungi dan sekaligus bagaimana untuk mencapai lokasi mancing tersebut.
    Ini ada beberapa lokasi dari pantai baron kearah timur kalau yang dari baron kea rah barat ada juga Cuma masih ane susun tuh..
    * Parang racuk , kec. Saptosari, baron, gunung kidul
    2jam perjalanan kendaraan 15 menit jalan kaki
    * Pengilen, lokasi pantai krakal, gunung kidul
    2jam perjalanan kendaraan 30 menit jalan kaki
    * Gembosan, lokasi pantai krakal, gunung kidul
    2jam perjalanan kendaraan 30 menit jalan kaki
    * Perengan , lokasi pantai krakal, gunung kidul
    2jam perjalanan kendaraan 20 menit jalan kaki
    * Congoran , lokasi pantai krakal, gunung kidul
    2 jam perjalanan kendaraan 20 menit jalan kaki
    * Jujugan , lokasi pantai krakal, gunung kidul
    2jam perjalanan kendaraan 15 menit jalan kaki
    * Wates , lokasi pantai krakal, gunung kidul
    2jam perjalanan kendaraan 10 menit jalan kaki
    * Jugan ombo , desa purwodadi, gunung kidul
    2jam 15 menit kendaraan 5 menit jalan kaki
    * Banyu nibo , desa purwodadi, gunung kidul
    2jam 15 menit kendaraan 15 menit jalan kaki
    * Watu lumbung , lokasi daerah pantai wedi ombo,gunung kidul
    2jam 30 menit kendaraan 1jam jalan kaki
    * Dander , lokasi daerah pantai wedi ombo
    2jam 30 menit kendaraan 15 menit jalan kaki
    * Grendan , lokasi daerah pantai wedi ombo
    2jam 30 menit kendaraan 30 menit jalan kaki
    * Dengkeng , lokasi daerah pantai wedi ombo
    2jam 30 menit kendaraan 1jam jalan kaki
    * Gubug , lokasi daerah pantai sadeng, gunung kidul
    2jam 30 menit kendaraan 30 menit jalan kaki
    * Nglojok , lokasi parang gupito, wonogiri
    2jam 30 menit kendaraan 15 menit jalan kaki
    * Mlinas , lokasi parang gupito wonogiri
    2jam 30 menit kendaraan 15 menit jalan kaki
    * Patuk ngasem , lokasi parang gupito, wonogiri
    2jam 30 menit kendaraan 15 menit jalan kaki
    * Gunung botak , lokasi parang gupito, wonogiri
    2jam 30 menit kendaraan 5 menit jalan kaki
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  2. #2
    Om Bravo's Avatar
    [ds2] Mate of Honor

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Soerabaya dan seitarnya
    Age
    44
    Posts
    2,212
    Gender

    Thanks
    67
    Thanked 87 Times in 40 Posts

    Achievements:
    Three FriendsRecommendation Second ClassCreated Album picturesVeteran10000 Experience Points

    Re: Mancing Karangan (Rock Fishing)

    bukan hasil copas kan ... lokasinya koq
    cuma jawa tengah pesisir ? ....
    pancing dasaran biasanya terkendala tersangkut karang di bawah
    ada trick buat itu ndak ?


    dalam sangkar yang membatasi antara nyata dan angan
    membatasiku menjadi bijak atas raga dan batinku.... aku terpenjara angkara
    dalam kesendirian aku tak pernah kesepian ...

  3. #3
    goodfisher's Avatar
    [ds2] Platinum Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Sparkling Surabaya
    Posts
    118
    Gender

    Thanks
    2
    Thanked 22 Times in 3 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Mancing Karangan (Rock Fishing)

    thx, patut dicoba..
    lumayan buat referensi..
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  4. #4
    kuntulan's Avatar
    [ds2] Gold Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    32
    Gender

    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Achievements:
    Veteran1000 Experience Points

    Re: Mancing Karangan (Rock Fishing)

    Quote Originally Posted by Om Bravo View Post
    bukan hasil copas kan ... lokasinya koq
    cuma jawa tengah pesisir ? ....
    pancing dasaran biasanya terkendala tersangkut karang di bawah
    ada trick buat itu ndak ?
    ini hasil copas om bravo... tapi dari compiku hehe dan dulu pernah ada juga sewaktu di DS dulu... biasanya pancing dasaran memang banyak sangkutan karang dibawah, musuhnya ya memang itu... dan untuk triknya kita kadang pake batu karang sebagai pemberat dengan posisi pemberat dibawah, kalau sewaktu tersangkut pemberatnya ditarik dan tertinggal tapi buruannya bisa dinaikkan...
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  5. #5
    kuntulan's Avatar
    [ds2] Gold Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    32
    Gender

    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Achievements:
    Veteran1000 Experience Points

    Re: Mancing Karangan (Rock Fishing)

    Quote Originally Posted by co_casanova View Post
    Lokasinya jauh dari tempatku mana menanjak lagi jalannya
    Ke Baron paling 2 jaman lebih ditambah blm ke TKP, mesti bawa bekal banyak nih

    Belum pernah mancing di karang biasanya cuma di sungai atau kolam pancing saja
    sekali kali coba laut bro... pasti ketagihan dan gak mau mancing di sungai wkwkwk... emang lokasi ente dimana bro??..
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  6. #6
    Dan's's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Jakarta & Depok
    Age
    28
    Posts
    529
    Gender

    Thanks
    146
    Thanked 97 Times in 17 Posts

    Achievements:
    Three Friends5000 Experience PointsVeteran

    Re: Mancing Karangan (Rock Fishing)

    sayang jauh yah dr jkt.. ckckck...
    pengen bener rasain mancing dgn style yg berbeda..
    Thanks uda sharing oM..
    We are mah We are...

  7. #7
    kuntulan's Avatar
    [ds2] Gold Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    32
    Gender

    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Achievements:
    Veteran1000 Experience Points

    Re: Mancing Karangan (Rock Fishing)

    Quote Originally Posted by co_casanova View Post
    Lokasi deket pasar Prambanan Bro kira2 15 menit dari sana

    Kalo ada temennya GPP bro maklum lokasinya cukup jauh kalo di pantai GK
    Apa kapan2 mancing bareng saja Bro, sekalian mancing2 binor semok juga hehe
    boleh juga tuh mancing bareng tapi jangan binor bro... kasian sama yang punya hehe....
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •