Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 18

Thread: Asal Muasal Nama Papua Dan Irian Jaya1644 days old

  1. #1
    Dogminer2's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Masih Di Bumi
    Posts
    3,064
    Gender

    Thanks
    537
    Thanked 976 Times in 103 Posts

    Achievements:
    Three FriendsYour first GroupTagger First ClassCreated Album picturesRecommendation Second Class

    Asal Muasal Nama Papua Dan Irian Jaya


    Tak banyak orang yang tahu Tentang Asal Muasal Nama Papua dan Irian Jaya.

    kata ‘Papua’ tidak disukai oleh penduduk asli bumi Cendrawasih tersebut. Mereka lebih suka menyebut negeri mereka dengan nama Nuu Waar.

    Nuu Waar adalah dua kata bahasa Irarutu di kerajaan Nama Tota Kaimana, yakni Nuu Eva. Nuu bermakna sinar, pancaran atau cahaya. Sementara Waar dari kata Eva, yang makna pertama adalah ‘mengaku’ atau diterjemahan dengan makna lebih dalam yang artinya ‘menyimpan rahasia’. Dari bahasa Onim (Patipi) Nuu juga adalah cahaya. Waar artinya perut besar yang keluar dari perut Ibu. Maka nama Nuu Waar artinya negeri yang mengaku menyimpan atau memikul rahasia.

    Pergantikan nama Nuu Waar menjadi Papua dan Irian terjadi sejak 1214 masehi. Kata Papua’ itu sendiri diambil dari beberapa bahasa daerah di Nuu Waar, yang maknanya hitam, keriting, bodoh, jahiliah, jahat, perampok, pemeras, pemerkosa, bahkan lebih sadis dimaknai sebagai suka makan orang.

    Makna negatif itulah yang membuat suku asli tidak suka pada kata ‘Papua’. Namun oleh bangsa Portugis kata itu terus dikembangkan, sehingga membentuk opini. Upaya tersebut juga bagian dari politik memecah belah warga setempat. Setelah bangsa Portugis tidak lagi menjajah, nama Papua terus dipopulerkan oleh Belanda.

    Pada masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, wilayah ini dikenal sebagai Nugini Belanda (Nederlands Nieuw-Guinea atau Dutch New Guinea).

    Setelah berada di bawah penguasaan Indonesia, wilayah ini dikenal sebagai Provinsi Irian Barat sejak tahun 1969 hingga 1973. Namanya kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Soeharto pada saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport, nama yang tetap digunakan secara resmi hingga tahun 2002. IRIAN sendiri merupakan kependekan dari Ikut Republik Indonesia, Anti Nederland (join/follow the Republic of Indonesia, rejecting the Netherlands).

    Nama provinsi ini diganti menjadi Papua sesuai UU No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua. Pada 2003, disertai oleh berbagai protes (penggabungan Papua Tengah dan Papua Timur), Papua dibagi menjadi dua provinsi oleh pemerintah Indonesia; bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya menjadi Provinsi Irian Jaya Barat (setahun kemudian menjadi Papua Barat). Bagian timur inilah yang menjadi wilayah Provinsi Papua pada saat ini.

    #Sumber : Mbah Google
    "Blessed are those That can Give without Remembering and Receive without Forgetting"
    "Mereka yang dapat Memberi tanpa Mengingat, dan Menerima tanpa Melupakan akan Diberkati"

  2. The Following 2 Users Say Thank You to Dogminer2 For This Useful Post:

    Chubby Beiby (26-11-2012),maxims (26-11-2012)

  3. #2
    Co77ers's Avatar
    "I'm Nothing"

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    32,580
    Gender

    Thanks
    3,957
    Thanked 2,897 Times in 863 Posts

    Achievements:
    Three FriendsOverdriveCreated Album picturesRecommendation First ClassTagger First Class
    Awards:
    Posting AwardUser with most referrersArm of Law
    Oalah.... gitu ya... Makasih Infonya Ipar...

    Only know you love her when you let her go
    And let her go


  4. #3
    maxims's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Papua
    Age
    29
    Posts
    1,046
    Gender

    Thanks
    41
    Thanked 16 Times in 14 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger Second Class1000 Experience Points1 year registered
    makasi inponya om

    ane baru tahu
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  5. #4
    Dogminer2's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Masih Di Bumi
    Posts
    3,064
    Gender

    Thanks
    537
    Thanked 976 Times in 103 Posts

    Achievements:
    Three FriendsYour first GroupTagger First ClassCreated Album picturesRecommendation Second Class
    Quote Originally Posted by Co77ers View Post
    Oalah.... gitu ya... Makasih Infonya Ipar...
    sama sama Ipar ... hehehehe sementara jadi Ipar dulu, belum jadi Brother Sepersusuan



    Quote Originally Posted by maxims View Post
    makasi inponya om

    ane baru tahu
    Betul Ipar, saya malah pernah adu argumen soal ini dengan Seorg Prof Dr dan belakangnya H.MSc ... kebetulan doi dosen di salah satu perguruan besar di JKT krn doi pernah menulis Thesis soal papua ... jd dikit2 ane tau soal Papua walau tidak pada Umumnya ...

    makasih Brother Udah Mampir dan Apresiasi ...
    "Blessed are those That can Give without Remembering and Receive without Forgetting"
    "Mereka yang dapat Memberi tanpa Mengingat, dan Menerima tanpa Melupakan akan Diberkati"

  6. #5
    Bogrex's Avatar
    [DS-2] tukang sapu

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    dibelakangmu..
    Age
    41
    Posts
    3,170
    Gender

    Follow Me
    @bogrex_ds2
    Thanks
    407
    Thanked 217 Times in 50 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger Second ClassRecommendation First Class10000 Experience PointsVeteran
    Bahkan dalam berita berita..sering disebut dengan kata papua om.
    Jadi selama ini secara tidak langsung kalo kita manggil dengan sebutan papua berarti kita sudah menyinggung saudara kita di timur kalo begitu
    mohon maaf atas ketidak tauan dan kealpaan saya
    makasih infonya sehingga menambah wawasan saya om DM><

  7. #6
    metha's Avatar
    Rules Violation

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    198
    Gender

    Thanks
    4
    Thanked 50 Times in 9 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience Points3 months registered
    ada yang tau asal muasal nama CO77ERS ?

  8. #7
    cipoy's Avatar
    [ ds2 ] Tukang Jalan

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Di atas Trotoar
    Age
    34
    Posts
    2,190
    Gender

    Thanks
    318
    Thanked 466 Times in 107 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger First ClassCreated Album pictures10000 Experience PointsVeteran
    Awards:
    Master Tagger
    Nambah juga pengetahuan ane tentang sejarah-sejarah di indonesia, ane lgsg bbm temen ane yg tinggal di nabire om dan nanya, eh malah gak tau dia sejarah papua Parah juga. nice share om Dm


  9. #8
    Chubby Beiby's Avatar
    [ds2] Mate of Honor

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    surabaya
    Posts
    2,397
    Gender

    Thanks
    385
    Thanked 264 Times in 57 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger Second Class10000 Experience PointsRecommendation Second ClassVeteran
    makasi om infonya... syippp
    HOREE!!!!!

  10. #9
    Om Bravo's Avatar
    [ds2] Mate of Honor

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Soerabaya dan seitarnya
    Age
    44
    Posts
    2,212
    Gender

    Thanks
    67
    Thanked 87 Times in 40 Posts

    Achievements:
    Three FriendsRecommendation Second ClassCreated Album picturesVeteran10000 Experience Points

    asal muasal

    yg nakal buang saja di peternakan entrop sana ...
    khusus ogut klo datang, dari sentani jangan lupa turun kiri
    ehhhh ... mana daun bungkusnyaaaaaa !!!!!!!

    Quote Originally Posted by metha View Post
    ada yang tau asal muasal nama CO77ERS ?
    klo orangnya asalnya tau

    klo namanya itu asal... ada kebo lagi pup di lapangan
    nahhhh... datang petir menyambar, kena itu .... duuuaaaaar
    jadilah ... jadilahhhh ... jadilahhhhh
    Last edited by Om Bravo; 26-11-2012 at 08:31 PM.


    dalam sangkar yang membatasi antara nyata dan angan
    membatasiku menjadi bijak atas raga dan batinku.... aku terpenjara angkara
    dalam kesendirian aku tak pernah kesepian ...

  11. #10
    Dogminer2's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Masih Di Bumi
    Posts
    3,064
    Gender

    Thanks
    537
    Thanked 976 Times in 103 Posts

    Achievements:
    Three FriendsYour first GroupTagger First ClassCreated Album picturesRecommendation Second Class
    Quote Originally Posted by Bogrex View Post
    Bahkan dalam berita berita..sering disebut dengan kata papua om.
    Jadi selama ini secara tidak langsung kalo kita manggil dengan sebutan papua berarti kita sudah menyinggung saudara kita di timur kalo begitu
    mohon maaf atas ketidak tauan dan kealpaan saya
    makasih infonya sehingga menambah wawasan saya om DM><
    >< sama sama Oom ... kapan2 maen lah biar lebih kenal daerah sana



    Quote Originally Posted by metha View Post
    ada yang tau asal muasal nama CO77ERS ?
    ini udah pencemaran nama baik nih nunggu oom Ojjers Bikin sejarah asal muasal namanya



    Quote Originally Posted by cipoy View Post
    Nambah juga pengetahuan ane tentang sejarah-sejarah di indonesia, ane lgsg bbm temen ane yg tinggal di nabire om dan nanya, eh malah gak tau dia sejarah papua Parah juga. nice share om Dm
    menurut ane sih yg tau banyak sejarah2 ini adalah para tetua, kalo generasi sekarang kan cuman tau sejarah lendir ...


    Quote Originally Posted by Chubby Beiby View Post
    makasi om infonya... syippp
    >< Sip ade nona, kapan2 balik ke jypra ... saya terakhir ke jypra thn 2010 ... bagus kotanya



    Quote Originally Posted by Om Bravo View Post
    yg nakal buang saja di peternakan entrop sana ...
    khusus ogut klo datang, dari sentani jangan lupa turun kiri
    ehhhh ... mana daun bungkusnyaaaaaa !!!!!!!



    klo orangnya asalnya tau

    klo namanya itu asal... ada kebo lagi pup di lapangan
    nahhhh... datang petir menyambar, kena itu .... duuuaaaaar
    jadilah ... jadilahhhh ... jadilahhhhh
    ipar ini ingat sentani kiri terus, masih ada sampai sekarang ipar, kemarin cuman di kasih tau pas lewat dari bandara mau ke Abepura masih banyak yg bagus2 di Abe dan Jayapura kota kok ipar
    "Blessed are those That can Give without Remembering and Receive without Forgetting"
    "Mereka yang dapat Memberi tanpa Mengingat, dan Menerima tanpa Melupakan akan Diberkati"

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •