Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Cara Perawatan Mobil yang Salah1495 days old

  1. #1
    blieputra's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    BALI
    Posts
    906
    Gender

    Follow Me
    @blieputra
    Thanks
    39
    Thanked 112 Times in 53 Posts

    Achievements:
    Three FriendsYour first GroupCreated Album picturesRecommendation Second ClassTagger Second Class

    Lightbulb Cara Perawatan Mobil yang Salah

    Siapa yang tidak tw mobil..???
    Pasti semua pada tw... Bagi pemilik mobil dalam perawatan kendaraannya sering melakukan beberapa kesalahan.
    Dan calon pemilik mobil silakan disimak apa aja yang seharusnya tidak dilakukan oleh seorang pemilik mobil.
    Kebanyakan dari pemilik mobil pasti pernah melakukan hal hal seperti berikut ini :

    1. Membersihkan kulit jok dengan cairan khusus


    Siapa pun ingin kulit jok mobil tampil mengkilap.
    Tak jarang kulit jok pun disemprot dengan cairan khusus.
    Namun faktanya, bahan yang terkandung pada cairan itu bisa menimbulkan bau tak sedap, bahkan kulit jok pun jadi licin.
    Hal ini tentu mengganggu aktivitas mengemudi. Bahayanya, begitu mobil direm mendadak, posisi tubuh kita malah jadi ikut maju ke depan.


    2. Membersihkan embun kaca dengan tangan atau lap.

    Nah, lagi-lagi hal kecil ini banyak tidak diketahui oleh pemilik mobil atau penumpang.
    Jika kaca berembun di pagi hari atau ketika turun hujan alangkah baiknya menghidupkan AC.
    Embun akan hilang dengan sendirinya. Jika masih memaksa menggunakan tangan atau lap, akibatnya akan mengganggu aktivitas berkendara.


    3. Menghidupkan AC pada RPM tinggi


    Biasakan menghidupkan AC mobil ketika Rotation Per Minute (RPM) rendah atau pada saat mesin idle ketika pedal gas tidak diinjak.
    Jangan menyalakan AC ketika mobil tengah melaju dan RPM tinggi.
    Cara itu untuk menghindari gesekan yang terlalu keras antara pulley dan pressure plate pada kompresor AC, dan kerja mesin lebih berat.


    4. Menggunakan pembersih kaca di kaca belakang


    Cara tersebut dapat merusak kabel pemanas defogger kaca belakang atau antena. Gunakan kain basah dengan air hangat untuk mengusap kaca belakang hingga bersih. Bersihkan dengan mengusap ke arah paralel ke kabel.


    5. Mencuci lantai kabin dengan air


    Sistem audio mungkin yang paling rentan akibat perlakuan ini.
    Sistem audio bisa rusak bila air mengenai komponen kelistrikan.
    Kemungkingan paling fatal adalah bodi bawah mobil bisa berkarat.
    Gunakan lap lembab untuk membersihkan lantai kendaraan.


    6. Memakai deterjen untuk mencuci mobil


    Seperti diketahui bodi mobil akan semakin kinclong begitu dicuci menggunakan deterjen.
    Tapi akibatnya bahan yang terkandung pada deterjen tersebut dapat merusak warna eksterior.
    Gunakan shampoo khusus bodi mobil.


    7. Mobil berkompresi tinggi menggunakan BBM Oktan 88


    Bila kompresi yang dihasilkan mesin lebih tinggi (rasio kompresi 11:1 keatas) tentu harus menggunakan BBM beroktan minimal 90.
    BBM yang tidak tepat tersebut dapat menyebabkan keausan pada dudukan dan kepala katup, banyak kerak karbon pada kepala dan dudukan katup.
    Mesinnya rusak dalam jangka waktu singkat


    8. Tidak pernah servis rutin dan hanya ganti oli


    Masih banyak pemilik mobil hanya melakukan pergantian oli mobil, perseneling dan gardan, tapi langkah tersebut tidak
    dibarengi dengan servis rutin demi menekan budjet.
    Cara tersebut sangat salah, mesin akan semakin optimal jika sepenuhnya diperhatikan.
    Dengan begitu mobil tetap awet dan nyaman ketika digunakan.


    9. Balancing & Spooring Seperlunya.


    Melakukan balancing & spooring sepertinya masih jarang dilakukan oleh setiap pemilik mobil.
    Kebanyakan aktivitas tersebut hanya dilakukan pada saat diperlukan, atau saat mobil ada keluhan. Sebaiknya lakukan balancing dan spooring setiap 5.000 km.
    Balancing & Spooring juga bisa menekan konsumsi BBM lebih rendah, ban pun lebih lama gundul.


    10. Menghidupkan mesin di pagi hari sambil menginjak gas


    Jangan menginjak pedal gas ketika menghidupkan mesin di pagi hari.
    Jika kerap dilakukan bakal menimbulkan efek yang tidak baik pada kendaraan kita.
    Soalnya pelumas belum sepenuhnya melumuri mesin saat mesin baru dihidupkan.
    Gesekan yang tiba-tiba tanpa oli ini bisa membuat usia mesin pendek.



    Semoga Tips diatas bisa menjadikan anda lebih sadar akan kesalahan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.
    Rawatlah kendaraan anda sewajarnya, Agar usia kendaraan anda lebih lama dan terawat.

    Sent using Taplak Meja




  2. #2
    jack's Avatar
    [ds2] Gold Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    21
    Gender

    Thanks
    1
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Achievements:
    Recommendation Second ClassVeteran1000 Experience Points
    keren tips nya, makasih bli.
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  3. #3
    blieputra's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    BALI
    Posts
    906
    Gender

    Follow Me
    @blieputra
    Thanks
    39
    Thanked 112 Times in 53 Posts

    Achievements:
    Three FriendsYour first GroupCreated Album picturesRecommendation Second ClassTagger Second Class
    Quote Originally Posted by jack View Post
    keren tips nya, makasih bli.
    Pasti pernah melakukan hal diatas ya bro..??
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  4. #4
    Om Bravo's Avatar
    [ds2] Mate of Honor

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Soerabaya dan seitarnya
    Age
    44
    Posts
    2,212
    Gender

    Thanks
    67
    Thanked 87 Times in 40 Posts

    Achievements:
    Three FriendsRecommendation Second ClassCreated Album picturesVeteran10000 Experience Points
    Maksih ... Om sdh apal skrg
    Cara merawat mobil ...
    Cuma ɑϑǟ sebuah masalah besar
    Yg tdk dibahas dlm perawatan mobil
    Yg terpenting ... Adalah punya mobil
    Lha om ndak punya ... Ngerawat anak org aja


    dalam sangkar yang membatasi antara nyata dan angan
    membatasiku menjadi bijak atas raga dan batinku.... aku terpenjara angkara
    dalam kesendirian aku tak pernah kesepian ...

  5. #5
    garuda_big's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Kota Karang
    Posts
    1,390
    Gender

    Thanks
    73
    Thanked 25 Times in 10 Posts

    Achievements:
    Three FriendsTagger Second ClassYour first Group1 year registeredRecommendation Second Class
    Wah makasih blie atas tipsnya,
    banyak yang ane lakuin gak bener nih berarti
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  6. #6
    goodfisher's Avatar
    [ds2] Platinum Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Sparkling Surabaya
    Posts
    118
    Gender

    Thanks
    2
    Thanked 22 Times in 3 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Cara Perawatan Mobil yang Salah

    satu yg ktinggalan, jgn bunyiin klakson dideket tempat ibadah, mbl b.s. baret bro
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  7. #7
    funlover's Avatar
    [ds2] Gold Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Jan 2013
    Location
    between wet holes
    Posts
    26
    Gender

    Thanks
    8
    Thanked 5 Times in 2 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience PointsVeteran

    Re: Cara Perawatan Mobil yang Salah

    klo pemakaian fuel injector cleaner gmn blie? bagus gk? maklum pny mobil tua..
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  8. #8
    co_casanova's Avatar
    Banned

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    di atas bumi dan di bawah langit Jogjakarta
    Posts
    2,628
    Gender

    Thanks
    804
    Thanked 154 Times in 16 Posts

    Achievements:
    Three FriendsOverdrive3 months registered10000 Experience PointsRecommendation First Class
    Nggak mobil nggak motor kalo nyuci pake deterjen warnanya jadi pudar

    Kalo sekilas tampak kinclong
    Tapi lama2 trus pucat deh
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  9. #9
    BG_MDN's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    1,000
    Gender

    Thanks
    123
    Thanked 164 Times in 25 Posts

    Achievements:
    Three Friends5000 Experience Points1 year registered

    Re: Cara Perawatan Mobil yang Salah

    thanks infonya....
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  10. #10
    hunterboy's Avatar
    [ds2] Silver Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Apr 2013
    Posts
    26
    Gender

    Thanks
    7
    Thanked 1 Time in 1 Post

    Achievements:
    1 year registered1000 Experience Points

    Re: Cara Perawatan Mobil yang Salah

    Quote Originally Posted by funlover View Post
    klo pemakaian fuel injector cleaner gmn blie? bagus gk? maklum pny mobil tua..
    Pemakaian fuel injector cleaner sih boleh aja bro, tapi jangan sering-2 ya, seandainya mau pakai paling-2 antara 6 bulan sampai 1 tahun sekali
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •