Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16

Thread: 8 Cara Efektif Kendalikan Amarah1402 days old

  1. #1
    Mawar Berduri's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    1,582
    Gender

    Thanks
    222
    Thanked 180 Times in 49 Posts

    Achievements:
    Three Friends5000 Experience Points3 months registered

    8 Cara Efektif Kendalikan Amarah

    Pernahkah Anda marah saat seorang pengendara motor tiba-tiba nyelonong memotong jalur Anda di jalan raya? atau di saat Anda memergoki pasangan Anda bersama pria/wanita lain?



    Kemarahan adalah bentuk ekspresi yang wajar dan bahkan sehat pada setiap manusia. Namun penting bagi Anda untuk mengendalikan amarah yang meluap-luap dengan cara yang positif. Kemarahan yang tidak terkontrol dapat membuat seseorang membuat keputusan yang salah dan menjauhkan orang-orang yang dekat dengan kita.

    Berikut 8 tip sederhana mengendalikan amarah saat Anda dihadapkan pada situasi yang memancing emosi Anda.

    1. Ambil napas dalam-dalam
      Sebelum Anda bereaksi dari situasi yang memancing emosi Anda, ambil waktu sejenak untuk mengambil napas dalam-dalam dan hitung dari 1-10. Memperlambat reaksi dapat membantu meredakan emosi Anda. Jika perlu, pergi sejenak dari orang-orang yang membuat Anda marah dan ambil tindakan saat amarah Anda mereda.
    2. Pikir dulu sebelum bicara
      Saat emosi Anda memuncak, sangat mudah bagi Anda untuk mengeluarkan kata-kata tak sedap yang bisa Anda sesali nantinya. Ambil beberapa saat untuk menata pikiran Anda sebelum mengeluarkan kata-kata dari mulut Anda. Kalau perlu, sampaikan kepada orang-orang di sekitar Anda bahwa Anda sedang marah dan butuh waktu untuk berpikir sejenak sebelum mengambil keputusan.
    3. Selipkan humor
      Jika Anda merasa mempunyai selera humor yang cukup untuk mengocok perut rekan Anda, gunakan cara ini untuk meredakan emosi Anda. Amarah memang tidak bisa disembunyikan dari raut muka, tapi dengan sedikit joke yang tepat, amarah Anda akan mereda seiring cairnya suasana.
    4. Catat di buku
      Cobalah luapkan emosi Anda pada sebuah buku. Bukan dengan menyobek buku-buku tersebut, melainkan dengan menulis segala bentuk ekspresi Anda pada buku tersebut hingga rasa kesal dan marah Anda berkurang.
    5. Dengarkan musik
      Dengarkan musik bernada slow dan harmonis, hal ini bisa membuat kerja otak menjadi stabil. Musik yang tepat dapat membantu pikiran Anda rileks dan memperbaiki mood setelah mengalami luapan emosi.
    6. Ekspresikan dengan berolahraga
      Melakukan aktivitas fisik saat amarah Anda memuncak juga baik untuk mengendalikannya. Lakukan olahraga seperti lari, sandsack boxing, atau bodyweight training untuk meredakan emosi Anda. Aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih santai.
    7. Tidur
      Tidur akan membantu Anda mendapatkan suasana hati yang lebih santai. Selain itu, tidur dapat memulihkan tubuh dan meredakan ketegangan. Orang yang kurang tidur cenderung lebih mudah marah daripada orang yang cukup tidur. Jika Anda merasa sulit tidur, coba untuk mendengarkan alunan musik instrumental, atau mandi dengan air hangat.
    8. Jangan menyimpan dendam
      Memaafkan adalah alat yang paling ampuh untuk meredam amarah. Jangan pernah menyimpan dendam terhadap orang yang membuat Anda marah. Jalinlah komunikasi seperti biasa agar hubungan kekerabatan Anda tetap harmonis di masa mendatang.


    Yuk, kendalikan amarah dari sekarang
    ~ Menegur jangan sampai menyinggung, ~ Mendidik jangan sampai menggurui, ~Meminta jangan sampai memaksa, ~ Memberi jangan sampai mengungkit. ~






  2. The Following 4 Users Say Thank You to Mawar Berduri For This Useful Post:

    Co77ers (07-02-2013),co_casanova (19-02-2013),godamdoll123 (07-02-2013),Nina Rajapatni (06-07-2013)

  3. #2
    DemonMan's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Heaven or Hell
    Posts
    936
    Gender

    Thanks
    25
    Thanked 70 Times in 48 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience Points3 months registered

    Re: 8 Cara Efektif Kendalikan Amarah

    kalo ane, cuci muka setelah itu tiduran.
    Where there is light, shadows lurk and fear reigns..

  4. #3
    aloe vera's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    2,869
    Gender

    Thanks
    222
    Thanked 225 Times in 13 Posts

    Achievements:
    Three FriendsCreated Album picturesOverdriveRecommendation Second Class3 months registered

    Re: 8 Cara Efektif Kendalikan Amarah

    nice share sis

    Amarah hanya membuat hati kita kesel ,amarah hanya membuat dan memudarkan keindahan wajah kita terlihat kusut dan muram.

    Dari poin diatas ..sering av seh av sering selipkan humor..dan biasanya av sering salurinnya ke tulisan ,puisi atau cerita2 pendek jadi fokus pikiran kita teralihkan

    Dan untung nya av gk bisa klo marah lama2 geli rasanya..ntr yg ada gk imut lagi
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  5. #4
    Mawar Berduri's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    1,582
    Gender

    Thanks
    222
    Thanked 180 Times in 49 Posts

    Achievements:
    Three Friends5000 Experience Points3 months registered

    Re: 8 Cara Efektif Kendalikan Amarah

    Quote Originally Posted by aloe vera View Post
    nice share sis

    Amarah hanya membuat hati kita kesel ,amarah hanya membuat dan memudarkan keindahan wajah kita terlihat kusut dan muram.

    Dari poin diatas ..sering av seh av sering selipkan humor..dan biasanya av sering salurinnya ke tulisan ,puisi atau cerita2 pendek jadi fokus pikiran kita teralihkan

    Dan untung nya av gk bisa klo marah lama2 geli rasanya..ntr yg ada gk imut lagi
    Boleh juga tuh sist ditorehkan dalam bentuk tulisan
    Kalo mawar lebih baik diam, ato dengerin musik
    ya kadang marahnya juga bisa lama jadi manisnya ilang sementara kalo marah2


    Quote Originally Posted by DemonMan View Post
    kalo ane, cuci muka setelah itu tiduran.
    Kalo cuci muka jangan keras2 ya Om gosok wajahnya kan lagi marah , tiduran ngerileks pikiran biar adem ya Om
    habis gitu bercermin waduh ini ya wajahku kalo lagi marah
    ~ Menegur jangan sampai menyinggung, ~ Mendidik jangan sampai menggurui, ~Meminta jangan sampai memaksa, ~ Memberi jangan sampai mengungkit. ~






  6. #5
    Death Brain's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Belahan Toge mulus
    Posts
    2,290
    Gender

    Thanks
    187
    Thanked 131 Times in 29 Posts

    Achievements:
    Three Friends5000 Experience PointsRecommendation Second Class1 year registered

    Re: 8 Cara Efektif Kendalikan Amarah

    Tambahan khusus dari ane :


    7. Ambil Makanan
    Marah akan membuat semua otot menjadi tegang, karena itu segeralah mengambil makanan yang banyak, makan secepatnya. Setelah itu di pastikan anda akan mengantuk karena kekenyangan. Akhirnya gak jadi marah soalnya pengen bobo.

  7. #6
    Mawar Berduri's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    1,582
    Gender

    Thanks
    222
    Thanked 180 Times in 49 Posts

    Achievements:
    Three Friends5000 Experience Points3 months registered

    Re: 8 Cara Efektif Kendalikan Amarah

    Quote Originally Posted by co_casanova View Post
    Kyknya yg blm bisa No 8 deh sis

    Nggak tau mgkn aku termasuk pendendam kali yakk
    Jangan pendendam Om, gak baik lho buat aura khususnya wajah
    neh ada temen mawar bawa'annya mecucu aja wajahnya


    Quote Originally Posted by Ateng View Post
    Tambahan khusus dari ane :


    7. Ambil Makanan
    Marah akan membuat semua otot menjadi tegang, karena itu segeralah mengambil makanan yang banyak, makan secepatnya. Setelah itu di pastikan anda akan mengantuk karena kekenyangan. Akhirnya gak jadi marah soalnya pengen bobo.
    Makasih share pengalaman pribadinya Om , darisitu terbentuklah Om Ateng Imut ya
    ~ Menegur jangan sampai menyinggung, ~ Mendidik jangan sampai menggurui, ~Meminta jangan sampai memaksa, ~ Memberi jangan sampai mengungkit. ~






  8. #7
    godamdoll123's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Age
    56
    Posts
    393
    Gender

    Thanks
    146
    Thanked 98 Times in 36 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience Points3 months registered

    Re: 8 Cara Efektif Kendalikan Amarah

    tambahan tante

    pergi ke kuburan lihat orang dikubur...sambil buka lotob..wis reda tuh amarah
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  9. #8
    Mawar Berduri's Avatar
    [ds2] C A D E T

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    1,582
    Gender

    Thanks
    222
    Thanked 180 Times in 49 Posts

    Achievements:
    Three Friends5000 Experience Points3 months registered

    Re: 8 Cara Efektif Kendalikan Amarah

    Quote Originally Posted by godamdoll123 View Post
    tambahan tante

    pergi ke kuburan lihat orang dikubur...sambil buka lotob..wis reda tuh amarah
    Merenung ya Om, marah2 toh pd akhirnya nasibnya seperti di liang lahat
    lha ngapain buka lotob nang kuburan, nyirami tanduran tha Om

    ~ Menegur jangan sampai menyinggung, ~ Mendidik jangan sampai menggurui, ~Meminta jangan sampai memaksa, ~ Memberi jangan sampai mengungkit. ~






  10. #9
    godamdoll123's Avatar
    [ds2] Diamond Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Nov 2012
    Age
    56
    Posts
    393
    Gender

    Thanks
    146
    Thanked 98 Times in 36 Posts

    Achievements:
    Three Friends1000 Experience Points3 months registered

    Re: 8 Cara Efektif Kendalikan Amarah

    Quote Originally Posted by Mawar Berduri View Post
    Merenung ya Om, marah2 toh pd akhirnya nasibnya seperti di liang lahat
    lha ngapain buka lotob nang kuburan, nyirami tanduran tha Om

    yo mbuka lotob ae msok arep mbuka kolor...iso dicekel satpol nkok
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

  11. #10
    gukgukguk's Avatar
    [ds2] Silver Class

    Status
    Offline
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    40
    Gender

    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts

    Achievements:
    1 year registered1000 Experience Points

    Re: 8 Cara Efektif Kendalikan Amarah

    tarik nafass dalam2 sudah cukuppp buat ane
    DuniaSex Episode-2
    Yacht | "Let's Cruise To Fantasy Community"

    Keep Enjoying the Cruise

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •